Thursday, February 22, 2024
HomeTanjungpinangGubernur Hadiri Peringatan Hari Marwah di Tanjungpinang dan Buka Kejuaraan Sepak Bola...

Gubernur Hadiri Peringatan Hari Marwah di Tanjungpinang dan Buka Kejuaraan Sepak Bola di Karimun

spot_img

SURYAKEPRI.COM – Gubernur Kepulauan Riau H. Nurdin Basirun Menegaskan bahwa laut bukanlah tempat sampah. Oleh sebab itu dia mengingatkan seluruh masyarakat agar tidak membuang sampah di laut, sehingga ekosistem laut bisa terjaga dan tidak tercemar. Sehingga nelayan bisa tetap menangkap ikan hingga ke anak cucu kelak.

“Daerah kita ini daerah kelautan. Artinya laut adalah sumber penghidupan utama disini. Makanya kita tidak mau sumber penghidupan ini justru tidak bisa menghidupi karena dicemari berbagai sampah dan limbah. Saya tegaskan agar tidak ada lagi masyarakat yang membuang sampah kelaut. Ingat bahwa laut bukan tempat sampah,” kata Gubernur saat berpidatu sempena peringatan Hari Marwah Kepri ke-15 di Gedung Daerah, Tanjungpinang, Senin (15/5).

Menurut Gubernur itulah marwah yang harus diperjuangkan masyarakat Kepri saat ini. Yakni menjaga laut agar tetap produktif dan bisa menghidupi, serta bisa dinikmati hingga ke anak-cucu nantinya.

Menurut Gubernur selama 15 tahun Provinsi Kepri terbentuk, perjuangan tidak kemudian hanya berhenti disitu saja. Namun harus diisi dengan pembangunan. Baik pembangunan infrastruktur maupun mental.

“15 tahun ini waktu yang singkat. Masih panjang perjalanan Kepri ini. Kita perlu lebih solid lagi agar pembangunan bisa terus meningkat dan bermanfaat secara luas. Sehingga cita-cita awal untuk mewujudka masyarakat Kepri sehat dan sejahtera bisa terwujud,” katanya.

Gubernur mau tidak ada lagi anak-anak di pulau yang putus sekolah dan sakit-sakitan. Kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan harus bisa diakses secara merata.

“Syukuri, bahwa kondisi Kepri dengan laut yang luas ini adalah berkah. Insya Allah pemerintah akan terus mengutamakan pembangunan yang berpihak kepada masyarakat dan akan mengurangi kegiatan yang hanya bersifat seremonial,” katanya.

Hadir dalam acara puncak peringatan Hari Marwah ke-15 ini Anggota DPD RI Hardi S Hood, mantan KASAL RI Marsetio, Sekdaprov Kepri TS Arif Fadillah, Ketua BP3KR Huzrin Hood, Wakil Walikota Tanjungpinang H. Syahrul, ketua LAM Kepri H. Abdul Razak, FKPD, OPD, serta tokoh masyarakat.

Sejalan dengan peringatan Hari Marwah, Gubernur Nurdin melakukan sejumlah kegiatan. Gubernur memulai rangkaian dengan Safari Subuh di Masjid Agung Al Hikmah. Setelah itu, Gubernur Nurdin bersama tokoh sentral pembentukan Provinsi Kepri H Huzrin Hood melakukan dialog interaktif melalui radio. Siaran langsung dilakukan dari Gedung Daerah Tanjungoinang.

Usai berdialog interaktif selama satu jam, Gubernur Nurdin menerima sejumlah kelompok masyarakat dan investor.

Gubernur menerima direksi PLN Batam. Banyak hal yang dibahas, termasuk soal tarif listrik. Setelah Apel Akbar, Nurdin menerima investor dari China Harbour ini menanyakan prosfek pembangunan Jembatan Batam Bintan. Mereka menunjukkan minatnya.

“Bagi saya, lebih cepat dibangun akan lebih baik,” kata Nurdin kepada investor yang berusaha menggunakan bahasa Melayu, walaupun belum lancar.

Nurdin meyakinkan pengembangan Jembatan Batam Bintan akan menguntungkan investor. Malah Nurdin yakin tak lebih dari 15 tahun akan break event point.

“Investor yang bikin akan cepat kwmbali untung. Masyarakat Kepri merasakan manfaatnya,” kata Nurdin.

Setelah menerima investor, Gubernur Nurdin menerima tim dari Universitas Maritim Raja Ali Haji (Umrah). Nurdin ingin masyarakat Kepri mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi.

Gubernur Nurdin Senin petang sudah berada di Karimun untuk membuka Kejuaraan Sepakbola Piala Gubernur U-15. Kejuaraan ini diikuti enam kabupaten kota se-Kepri, kecuali Kabupaten Anambas.

Nurdin membuka dan melakukan tendangan pinalti dimulainya kejuaraan. Tiga kali pwrcobaan dengan tiga kiper berbeda, tendangan Nurdin masuk semua.

Nurdin ingin di semua cabang olah raga, Kepri punya daya saing. Karena itu pembinaan harus konsisten dan berkesinambungan dilakukan.

“Seluruh cabag olah raga di Kepri akan dibima secara baik. Dengan pembinaan ini tentu generasi kita punya daya saing dalam bidang olah raga,” kata Nurdin.

Setelah membuka kejuaraan sepak bola, Nurdin kembali lagi ke Tanjungpinang. Di antara ramgkaian yang dihadiri adalah tabligh akbar sempena peringatan Hari Marwah. Gubernur juga menerima Dewan Ketahanan Nasional, di Tanjungpinang.

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER