Friday, March 29, 2024
HomeBatamGubernur Minta Masyarakat Cinta Polisi

Gubernur Minta Masyarakat Cinta Polisi

spot_img

SURYAKEPRI.COM – Gubernur H Nurdin Basirun mengajak masyarakat untuk mencintai dan menyayangi kepolisian. Beri dukungan agar jajaran kepolisian terus mewujudkan Indonesia yang aman dan nyaman.

“Sampai sekarang Kepri sangat kondusif, sehingga masyarakat bisa menjalankan aktivitasnya. Selamat Hari Bhayangkara, semoga makin sukses makin dicintai dan disayangi masyarakat Indonesia. Sukses untuk Polda Kepri,” kata Nurdin kepada sejumlah wartawan usai menjadi Inspektur Upacara pada Peringatan HUT Bhayangkara ke 71 di Lapangan Engku Putri, Batam Centre, Kota Batam, Senin (10/7) pagi.
Gubernur menyampaikan dengan dukungan Polri dalam mewujudkan situasi keamanan yang kondusif semoga cepat dalam mendorong investasi. Nurdin juga menyebutkan pengamanan selama Ramadhan dan Idul Fitri 1438 Hijriyah / 2017 Masehi juga berjalan dengan baik. Harga  Sembako dan Arus Mudik maupun Arus Balik berjalan dengan baik.
Pada kesempatan itu, Gubernur membacakan amanat Presiden RI Joko Widodo. Jokowi memberikan instruksi kepada seluruh jajaran Kepolisian Negara Republik Indonesia untuk terus meningkatkan kinerjanya. Peningkatan kinerja itu antara lain  melalui perbaikan manajemen internal untuk menekan budaya negatif seperti korupsi, penggunaan kekerasan yang berlebihan dan arogansi kewenangan.
“Mantapkan solidaritas internal dan profesionalisme guna mendukung terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian,” kata Nurdin.
Polri juga diminta mengoptimalkan modernisasi dengan penggunaan teknologi informasi dalam pelayanan publik. Juga meningkatkan kesiapsiagaan operasional, melalui upaya deteksi dini dan deteksi aksi dengan strategi polisional proaktif dengan demikian polri tetap dapat lincah bertindak dalam menghadapi perkembangan situasi yang meningkat secara cepat.
“Tingkatkam kerjasama, koordinasi, dan komunikasi dengan semua elemen baik pemerintah maupun masyarakat serta kolega internasional sebagai implementasi pendekatan sinergi polisional, guna mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif,” sambung Nurdin saat membacakan amanah Presiden.
Tampak hadir pada peringatan Hari Bhayangkara itu Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak, Kapolda Kepri Irjen Pol Sam Budigusdian, Danrem 033/WP, Danlantamal IV TPi, Kajati Kepri,  DanGuskamla Armabar, Danlanud RHF, Kabinda, Walikota Batam HM. Rudi, Kepala BI Perwakilan Kepri Gusti Raizal Eka Putra, Ibu Hj Noor Lizah Nurdin Basirun.
Usai upacara, Gubernur bersama Kapolda Kepri dan undangan menyaksikan peragaan penanganan kasus teroris (perampokan ATM) dan defile pasukan Polda Kepri.
Kapolda Kepri juga memberikan sejumlah penghargaan kepada mitra dan masyarakat. Di antara penghargaan itu untuk mereka yang berperan aktif dalam terciptanya sinergitas Polisional yang proaktif dan kerjasama pemerintah yang solid sehingga dapat mendukung penyelenggaraan kamtibmas dan penegakan hukum yang mantap diwilayah Polda Kepri. Penghargaan ini  diberikan kepada Gubernur Kepri, Ketua DPRD Kepri, Danrem 033/WP, Kabinda Kepri, Danlantamal IV, Kajati Kepri, Danguskamla Armabar, Ka Bakamla Kepri, Danlanud RHF, Ketua Ombudsman Kepri.
Penghargaan juga diberikan untuk mereka yang mendukung sinergitas Polisional dibidang ketahanan ekonomi, pendidikan dan kemaritiman dalam menciptakan, memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat diwilayah Polda Kepri. Penghargaan diberikan kepada Kepala Bank Indonesia Kepri, Kanwil Khusus DJBC Kepri, KepaLa Pangkalan PSDKP Batam dan Rektor Uniba.
Sementara yang mendukung  peningkatan kapasitas kesatuan Polda Kepri melalui pembangunan fasilitas polri, memajukan Kepolisian dalam rangka menciptakan dan memelihara kamtibmas serta penegakan hukum  diberikan kepada Walikota Batam, Bupati Karimun, Bupati Kep. Anambas dan Kepala BPN Batam.
Untuk bidang Sosial Budaya, kerukunan antar umat beragama, kearifan lokal dan kemitraan antara polisi dan masyarakat penghargaannya diberikan kepada Ketua MUI Prov Kepri, Pimpinan Muhammadiyah Kepri, Ketua PW NU Kepri, Ketua Persatuan Gereja Katolik Kepri, Ketua Persatuan Gereja Protestan Kepri, Ketua Agama Hindu Kepri, Ketua Agama Budha Kepri, Ketua LAM Kepri, Yang dipertuan besar Tengku Husin Ibni Tengku Saleh Damnah, Dato Wira Indera Perkasa Raja Muhammad E Mansyur Ibni Raja Abdul Razak, Ketua Senkom Kepri, Ketua GP Ansor Kepri, IJTI Kepri, AJI Kepri, PWI Kepri, PFI Kepri, Bapak Hendi, Ketua Koni Kepri, Kepala BUKP PT. Putra Tidar Perkasa Batam.
Sementara, personil yang bekerja melebihi panggilan tugas melalui kerjasama internasional yang proaktif di kawasan Asean juga mendapat penghargaan. Mereka adalah Kombes Pol Hirbak Wahyu Setiawan (Atase Polri Singapura), AKBP Wino Sumarno (Stafnis Pol Johor Bahru), Brigadir Dipo Patria (Pasukan Perdamaian PBB), AKBP Bubung Pramoadi (Mengungkap Jaringan Narkoba Internasional), Iptu Supriadi (Pembinaan Polri), dan Iptu Yudi (Pengungkap penculikan antar negara).(ria/*)

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER