Gubernur Ingin Pengerjaan Waduk Kawal Disegerakan

Gubernur Nurdin Basirun meninjau lokasi pembangunan waduk di kawasan kebun kelapa sawit di Kawal, Kecamatan Gunung Kijang, Bintan, Jumat (18/8). suryakepri.com/ist
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Gubernur Kepri H Nurdin Basirun meminta kepada instansi terkait pembangunan waduk di Kawal, Pulau Binyan,  agar segera menyelesaikan segala kendala. Masalah pembebasan lahan harus cepat tuntas agar pengerjaan dapat segera digesa.

“Tujuan kita jelas untuk mendorong percepatan pembangunan kebutuhan dasar bagi masyarakat khususnya air bersih,” ujar Nurdin saat meninjau lokasi pembangunan waduk di kawasan kebun kelapa sawit di Kawal, Kecamatan Gunung Kijang, Bintan, Jumat (18/8).

Oleh karna itu Nurdin berpesan kepada instansi terkait dalam pengerjaan pembangunan waduk ini agar segera merampungkan berbagai permasalahan.

Seperti yang dituturkan Bhakti, Kepala Satuan Kerja (Kasatker) Kementrian PU Direktorat Sumber Daya Air Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera IV, bahwa proses pemetaan wilayah sudah terorganisir dengan baik namun beberapa kendala masih harus diselesaikan agar pengerjaan dapat segera dilaksanakan.

“Data Status hutan sudah jelas, sesuai SK MenLHK nomor 76 tahun 2016, namun masih ada kendala yakni pembebasan lahan antara lain seluas 16.3 Hektar milik PT. Tirta Madu dan lahan seluas 38.9 Hektar milik PT. Sunny Mas,” ujar Bhakti.

Waduk yang menggunakan dana APBN ini dibangun di atas lahan 220 hektare dengan debit air 400 liter per detik. Lama pengerjaannya sekitar 2 Tahun. “Kita usahakan lepas lima hektare dulu untuk pembangunan di tahun 2017 ini, dan proses penyelesaian itu tinggal sedikit lagi akan rampung. Targetnya waduk dapat digunakan mulai tahun 2019 yang tujuan awalnya untuk menutupi defisit air di sebagian pulau Bintan dan sebagian Kota Tanjungpinang,” sambung Bhakti.

Bhakti menambahkan selain kendala tersebut, tidak ada kendala lain karna pembebasan pemukiman warga sudah diselesaikan. Hadir pula salah satu tokoh masyarakat setempat yakni Sayid yang mengatakan bahwa warga setempat sudah tidak memiliki permasalahan lagi.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.