Nurdin Isi Kuliah Perdana Diploma IPB di Lingga

Gubernur Nurdin Basirun foto bersama mahasiswa, Bupati Lingga, dan sejumlah pejabat. suryakepri.com/ist

SURYAKEPRI.COM – Gubernur Kepri Nurdin Basirun mengajak generasi Kepri untuk menumbuhkembangkan jiwa entrprenuer. Mereka tidak lagi mencari kerja, tapi sudah mulai menciptakan lapangan kerja.

“Ubahlah mindset, jangan berpikir nak jadi honor-honor saja,” kata Nurdin saat memberi materi pada Kuliah Perdana Diploma I Pertanian dsn Peternakan IPB Sub Kampus Lingga Dabo Singkep, Kabupaten Lingga, Gedung Nasional, Dabo Singkep, Senin (11/9) petang.

Gubernur menyambut baik dibukanya pendidikan diploma satu pertanian dan peternakan IPB di Lingga ini. Apalagi seperti dijelaskan pihak Institut Pertanian Bogor (IPB), ini adalah pendidikan vokasi yang peserta didiknya harus memiliki ketrampilan. Bagi mahasiswanya yang tidak memiliki kemampuan, dipastikan tidak akan lulus.

Nurdin menegaskan, untuk pasar sektor pertanian dan peternakan, sudah tersedia di Kepri. Batam, Tanjungpinang, Bintan, dan Karimun menjadi salah satu pasar untuk sektor ini. Demikian juga Anambas dan Natuna. Pemerintah selalu mendorong dari segi infrastruktur.

Nurdin membandingkan dengan Singapura yang memanfaatkan teknologi untuk beberapa produk pertanian mereka. Sementara, beberapa wilayah Kepri, seperti Lingga, yang dianugerahi alam nan subur harus bisa dimanfaatkan untuk pertanian dan peternakan “Kita pun jangan seperti dulu, main tanam saja. Harus ada teknologinya,” kata Nurdin.