Saturday, March 2, 2024
HomeTanjungpinangDi Era Digital, Pemprov Harus Bergerak Cepat

Di Era Digital, Pemprov Harus Bergerak Cepat

spot_img

SURYAKEPRI.COM – Gubernur H Nurdin Basirun menegaskan di era sekarang, semua pelayanan harus berbasis teknologi informasi.  OPD yang bersentuhan dalam melayani publik, semua harus digital.

“Ini sudah era digital. Kita harus bergerak cepat atau kita semakin tertinggal,” kata Nurdin saat memimpin pembahasan APBD 2018 di Ruang Rapat Bapelitbang, Dompak, Tanjungpinang, Senin (18/9) petang.

Ke depan, segera dibangun dashboard yang mengintegrasikan penyajian informasi dan pelaporan atas pengelolaan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau yang menggunakan sejumlah sistem aplikasi dengan fungsi sesuai dengan Tugas Pokok dan fungsi masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pelaksana. Aplikasi ini dimaksudkan sebagai salah satu implementasi E-Government di Provinsi Kepulauan Riau, yang bertujuan untuk memanajemen informasi aplikasi OPD yang bersangkutan, yang kemudian akan ditampilkan pada sistem dashboard.

“Aplikasi ini menjadi pintu gerbang informasi terkait tata kelola perencanaan pembangunan, tata kelola belanja dan pendapatan, belanja barang dan jasa, dan lainnya,” kata Nurdin.

Pada saat pembahasan anggaran bersama Dinas Kominfo, Gubernur minta agar OPD ini membuat berbagai terobosan baru dan inovasi khususnya penggunaan Teknologi Informasi dalam memberikan pelayanan dan informasi kepada masyarakat. Kominfo juga diminta untuk  mendorong tumbuh dan berkembangnya ekosistem digital di Kepri.

Nurdin pun mengilustrasikan pesan-pesan yang disampaikan Presiden Jokowi dalam berbagai kesempatan, bahwa saat ini bukan yang kuat mengalahkan yang lemah. Juga bukan yang besar mengalahkan yang kecil.

“Ini saatnya yang cepat mengalahkan yang lambat. Makanya kita harus bergerak cepat. Cepat memberi layanan terbaik pada masyarakat,” kata Nurdin yang saat rapat didampingi Sekdaprov H TS Arif Fadillah dan Kepala Barenlitbang, Naharuddin MTP. Hadir juga Asisten Ekonomi Pembangunan Syamsol Bahrum dan Kepala Biro Pembangunan Aries Fhariandi.

Apalagi, kata Gubernur, belum lama ini, kerja sama ekonomi digital disepakati antara Singapura dan Indonesia. Kepri, sebagai daerah yang berhadapan langsung dengan Singapura, harus siap dan mengambil peluang itu. “Pemprov harus memulai. Digital gateway yang siapkan akan segera berjalan,” kata Nurdin.(*/ria)

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER