Gubernur Ajak Warga Jaga Kebersihan

Gubernur Kepri Nurdin Basirun mengunjungi pasar Tanjunguban, suryakepri.com/ist

SURYAKEPRI.COM – Gubernur Kepri H Nurdin Basirun mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitarnya. Apalagi dengan begitu sekecil apapun sarana berkembanganya penyakit, seperti nyamuk aedes aegypti, bisa dihindari.

“Saya yakin dan percaya masyarakat di  sini sudah melakukan Menguras Menutup serta Mengubur atau sering disebut 3M Plus. InsyaAllah ya ibu-ibu dan bapak, apabila kita sudah melakukan itu semua kita akan jauh terserang dari serangan nyamuk Aedes aegypti,” kata Nurdin saat membuka secara resmi Gerakan Satu Rumah Satu Juru Pemantau Jentik (G1R1Jumantik). Pencanangan tersebut diawali di beberapa rumah yang berada di Kabupaten Bintan, Ahad (17/9) pagi.

Korban demam berdarah dengue (DBD) yang disebabkan nyamuk, di beberapa wilayah Kepri memang masih ada. Selain peran pemerintah, masyarakat juga diajak aktif ikut memberantasnya.  Nurdin pun mengajak mengajak  masyarakat dapat kiranya membuang sampah pada tempat nya. Karena dari sampah sampah tersebut akan menimbulkan sarang nyamuk.

Asisten I Pemerintahan Umum Kabupaten Bintan, Ismail mengatakan, setiap satu rumah bertanggungjawab terhadap Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di lingkungan rumahnya. Ismail mengajak masyarakat pro aktif untuk membawa keluarganya yang terserang penyakit seperti demam, panas tinggi, pilek lainnya ke sentra pelayanan kesehatan masyarakat ke puskesmas, klinik atau rumah sakit terdekat.  “Kita juga sudah menginstruksikan seluruh puskesmas untuk tetap siaga 1×24 jam,” katanya.