Sunday, April 21, 2024
HomeTanjungpinangMemotivasi dan Mendorong Masuknya Investasi

Memotivasi dan Mendorong Masuknya Investasi

spot_img

SURYAKEPRI.COM – Keyakinan dengan kemampuan anak-anak di berbagai pulau selalu dikumandangkan Gubernur H Nurdin Basirun. Dia merasakan, anak-anak Kepulauan Riau bisa menjadi besar jika mereka memaksimalkan setiap kesempatan yang ada.

Suatu kali, saat menjadi nakhoda di Kabupaten Karimun, Nurdin menawari seorang pemuda untuk mengabdi di daerahnya. Keahlian perikanan yang dimiliki pemuda tersebut diyakini Nurdin bakal dapat mendorong sektor perikanan dan kelautan menjadi penopang ekonomi masyarakat. Apalagi diperkuat bukti pada pertemuan Saudagar-saudagar Melayu, banyak anak-anak pulau yang sukses di bidang wirausaha yang digagas seorang tokoh Kepri yang sukses, yaitu Rida K Liamsi.

Namun, sang pemuda menolak. Dia lebih memilih berwisata usaha membuka tambak. Kini dia memiliki usaha budidaya ikan yang cukup besar di sebuah negara Asean. Berdasarkan pengalaman ini, Nurdin yakin bahwa anak-anak Kepri selalu bisa jika dia berusaha dengan tekun dan fokus.

Peristiwa itu menguatkan kapercayaan Nurdin untuk mendorong anak-anak Kepri maju dalam bidang mereka gemari. Hamparan laut yang luas, dengan segala kekayaan dan potensinya, dipercaya Nurdin mampu menjadi penopang utama ekonomi masyarakat Kepri.

Menjadikan laut panggung dalam menggerakkan ekonomi masyarakat merupakan salah satu visi utama pembangunan Kepri. Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah
(RPJMD) 2016 – 2021 teramat jelas mempertegas visi ta yaitu “Terwujudnya Kepulauan Riau sebagai Bunda Tanah Melayu yang Sejahtera, Berakhlak Mulia, Ramah Lingkungan dan Unggul di Bidang Maritim”.

Menjadikan Kepri sebagai Bunda Tanah Melayu yang sejahtera sebuah tujuan utama. Kesejahteraan itu tidak hanya sampai kepada masyarakat di pulau-pulau utama. Ada 2.408 pulau di Kepriyang sebagian berpenduduk. Penduduk di berbagai pulau inilah yang diinginkan Nurdin juga sejahtera dan merasakan kehadiran provinsi.

Nurdin selalu menyediakan kesempatan untuk selalu berkunjung ke sejumlah pulau. Bersilaturahmi, menjemput masalah dan mencarikan solusi. Seperti membangun beberapa kegiatan infrastruktur, sesuai skala, sehingga semakin lancar menggerakkan ekonomi masyarakat

Beberapa pulau potensi didorong untuk masuknya investasi. Investasi pada banyak sektor. Baik perikanan, pariwisata, industri oil dan gas serta lainnya. Investasi yang membawa masyarakat meraih kesejahteraan. Nurdin terus meyakinkan investor untuk mengenbangkan investasi. Juga sejumlah negara untuk terus meningkatkan investasi. Di berbagai pulau di Kepri.

Semua itu dilakukan agar ketimpangan semakin mengecil. Salah satu ukuran ketimpangan digunakan adalah Gini Rasio. Pada Maret 2017, Gini Rasio Kepri sebesar 0,334. Angka ini menurun jika dibandingkan dengan Gini Rasio September 2016 yang sebesar 0,352. Kondisi ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemerataan pengeluaran di Kepulauan Riau selama periode September 2016-Maret 2017.(*.ria)

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER