Gubernur Minta Kepri 100 Persen  Terelektrifikasi

Gubernur Kepri Nurdin Basirun usai menerima 17 unit mesin PLN di Tanjungsebatak, Karimun, Jumat (6/10) pagi. suryakepri.com/ist
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Gubernur Kepri H Nurdin Basirun menegaskan seluruh daerah di Kepulauan Riau harus sudah mendapat pasokan listrik 100 persen. Tak hanya terelektrifikasi, listrik yang mengalir harus selama 24 jam tanpa henti.

“Tidak akan terlalu rumit. Pulaunya kecil-kecil dan jaraknyaa juga banyak berdekatan. Kami berharap semuanya sudah dalat aliran kistrik dan menyala 24 jam,” kata Nurdin usai menerima 17 unit mesin PLN di Tanjungsebatak, Karimun, Jumat (6/10) pagi.

Mesin dengan kapasitas 17.000 KW ini digunakan untuk Gardu PLTD Bukit Carok, Karimun. Kehadiran mesin senilai Rp84 miliar ini semakin membuat listrik di Pulau Karimun semakin surplus. “Ingat antrian masyarakat yang ingin listrik masih banyak. Segera penuhi,” kata Nurdin.

Nurdin melihat soal listrin, Karimun bakal tidak pusing lagi karena sudah surplus. Karena itu dia meminta kepada PLN Wilayah Riau dan Kepulauan Riau untuk segera memasok mesin-mesin ke berbagai wilayah di Kepri. “Anambas, Lingga, juga Pulau Tambelan dan lainnya menunggu mesin-mesin baru. Semoga segera terealisasi,” kata Nurdin.

PLN sendiri bakal memasok sebnayak 45.500 KW daya listrik untuk tahun ini. Selain Karimun yang sudah menerima 17.000 KW, beberapa wilayah juga sudah dalam proses. Untuk Kabupaten Lingga, sedang berproses sebesar 8.200 kW. Mesin itu akan tersebar ke Posek, Mentuda, Medang, Benan, Batang, Melar, Daik Lingga, Dabo, Pancur dan Penuba.

Untuk Anambas, ada tambahan 2.600 kW untuk Pulau Letung, Ladan, Palmatak dan Siantan Timur. Sementara 700 kW akan dipasok untuk Pulau Kelong dan Tambelan di Kabupaten Bintan.

Kabupaten Natuna akan mendapat pasokan sebesar 13.500 kW yang tersebar untuk Selat Lampa, Pulau Midai, Air Payang, Sabang, Pulau Tiga, Sedanau, Serasan, Kelarik dan Pulau Subi.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.