Nurdin Dorong Produksi Ikan Bilis

Gubernur Kepri Nurdin Basirun berdialog dengan nelayan yang mulai menjemur ikan teri di Pulau Pangkil, Kabupaten Bintan, Minggu (29/10). suryakepri.com/ist

SURYAKEPRI.COM – Gubernur Kepri H Nurdin Basirun memahami betul potensi ikan bilis alias teri menjadi salah satu penunjang ekonomi masyarakat. Apalagi, ikan dengan protein tinggi ini juga menjadi salah satu sumber makanan masyarakat Kepri. Karena itu, industri skala kecil atau rumahan di pulau-pulau akan terus didukung.

“Kalau hujan susah jemur. Jadi kita kasih bantuan alat open aje ye. Nanti biar diurus sama Dinas Kelautan dan Perikanan untuk pengadaan bantuan alat open nya,” kata Nurdin saat bertemu dengan nelayan yang mulai menjemur ikan teri di Pulau Pangkil, Kabupaten Bintan, Minggu (29/10).

Nurdin ke Pulau Pangkil sempena menggelar Safari Subuh di Masjid Aldulu Ihsan. Tampak Sekdaprov H TS Arif Fadillah hadir pada rangkaian Safari Subuh itu. Usai Safari Subuh, Nurdin mengelilingi Pulau Pangkil dan singgah di beberapa tempat. Salah satunya melihat seorang nelayan sedang menjemur ikan bilis.

Dalam dialog singkat itulah, Nurdin memutuskan harus memberikan bantuan kepada nelayan, agar produksinya bisa stabil dan tidak terganggu cuaca. “Mike (kalian) sehari dapat jemur berapa kilo waey (Bung, red). Kadar proteinnya sangat bagus ni untuk usia pertumbuhan anak, makanye budak budak pulau cerdas cerdas konsumsi ikan bilis ini,” kata Nurdin.