Kota Pelabuhan Tanjunguban Semakin Terdepan

Gubernur Kepri Nurdin Basirun di Tanjunguban, Bintan. suryakepri.com/ist

SURYAKEPRI.COM – Gubernur Kepri H Nurdin Basirun meyakini bahwa Tanjunguban akan menjadi kota yang semakin maju. Apalagi pelabuhan berskala besar terus dibangun untuk memperlancar arus barang keluar masuk Pulau Bintan.

“Di mana-mana, kota pelabuhan selalu lebih maju. Negara maju karena kualitas dan pengelolaan pelabuhannya baik,” kata Nurdin usai melakukan peletakan batu pertama pelabuhan bongkar muat Tanjunguban, Jumat (10/11).

Nurdin mengatakan pembangunan pelabuhan juga akan memperlancar arus orang dan arus uang. Dengan arus barang yang lancar, pergerakan ekonomi semakin baik.

Saat ini, beberapa daerah di Kepri semakin digesa pembangunan pelabuhannya. Pekan lalu, Nurdin juga melakukan revitalisasi pembangunan pelantar I dan pelantar II Tanjungpinang.  Dengan adanya pelabuhan bongkar muat, kata Nurdin, perekonomian di Tanjunguban akan berkembang pesat. Apalagi kawasan ini dekat dengan Batam dan Singapura.

Kondisi ini diuntungkan lagi dengan rencana pembangunan jembatan Batam-Bintan yang juga melintasi kawasan Tanjunguban. Malah, kata Nurdin, di Tanjungsauh, yang berseberangan dengan Tanjunguban, akan dibangun pelabuhan peti kemas berskala besar. “Segala potensi dari laut harus kita optimalkan untuk menyejahterakan masyarakat,” kata Nurdin.