Noorlizah Ingin Tagana Jadi Yang Terdepan

Bunda Tagana Kepri Hj Noorlizah Nurdin Basirun di Anambas. suryakepri.com/ist

SURYAKEPRI.COM – Bunda Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kepri Hj. Noorlizah Nurdin Basirun mengukuhkan Bunda Tagana Anambas yang diketuai Heriana Abdul Haris ditandai dengan pemasangan selempang Tagana saat melaksanakan Apel Penutupan Pemantapan Kesiagapan Tagana, Penobatan Bunda Tagana Anambas dan simulasi bencana di lapangan Sulaiman Abdullah Tarempa, Kepulauan Anambas, Senin (13/11).

“Saya merasa bangga dapat bertemu langsung kepada para peserta Tagana di Anambas, kepada Bunda Tagana Anambas yang baru saja dikukuhkan agar pemakaian selempang bukan hanya dijadikan simbol sematantapi bagaimana kita bisa dapat turun langsung kelokasi bencana dan menjadi yang terdepan dalam menanggulanginya,” ujar Noorlizah.

Proses penanggulangan bencana yang saat ini masih dianggap pekerjaan yang sia-sia dilanjutkan Noorlizah bahwa opini-opini yang datang tersebut harus mampu dikikis dengan cara yang cerdas, dengan pendekatan keilmuan serta kegiatan yang bersifat nyata yang melekat serta melembaga.

Noorlizah melanjutkan bahwa bencana bukanlah sesuatu hal yang diharapkan namun penanggulanannya tentu tidak bisa ditunda, mengingat peran masyarakat belum optimal saat ini maka diperlukan pemahaman dan tatanan yang jelas, upaya-upaya tersebut datang dari Tagana.

“Ini merupakan tugas kita bersama bukan hanya pemerintah saja, ditingkat masyarakat dapat disalurkan dengan Tagana, untuk itu Tagana dituntut untuk selalu siap siaga sebelum maupun sesudah bencana terjadi dan menjadi frontliner menganggulangi bencana di masyarakat,” tutup Istri Gubernur Kepri tersebut.