Gubernur Resmikan PLTD Bukit Carok

Gubernur Kepri Nurdin Basirun dan pimpinan PLN saat meresmian pengoperasian PLTD di Karimun. suryakepri.com/ist
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Gubernur Kepri H Nurdin Basirun mengatakan, ketersediaan pasokan listrik merupakan kebutuhan wajib yang harus diselesaikan, dengan slogan habis gelap terbitlah terang semua pihak merasa harus terus bekerja keras dalam mewujudkan salah satu kebutuhan pokok masyarakat.

“Apalagi Kepri dengan pulau-pulau nya yang masih banyak belum teraliri listrik, kita terus berupaya bersama mengatasi permasalahan kelistrikan ini,” kata Nurdin saat meresmikan pengoperasian pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) Bukit Carok 17 Mega Watt. Saat itu juga dilakukan penyerahan bantuan PLN peduli di PLTU Tanjung Sebatak, Tanjungbalai, Kabupaten Karimun, Jum’at (2/3).

Nurdin berharap ke depan keberadaan listrik di Kepri tersebut dapat konsisten dan terus ada untuk masyarakat. Nurdin ingin salah satu kebutuhan pokok tersebut harus bisa dirasakan menyeluruh bukan hanya masyarakat di kota saja namun juga untuk masyarakat di pulau-pulau. “Semoga dengan apa yang dipaparkan pihak PLN terkait pemetaan listrik di Kepri bisa direalisasikan dan ada bukti yang nyata,” tambah Nurdin lagi.

Ketersediaan pasokan listrik tersebut selain menjawab kebutuhan dari masyarakat, kata Nurdin juga dapat menumbukan perekonomian daerah. Ketersediaan listrik juga dapat meyakinkan para investor yang ingin berinves di daerah. “Karena kebutuhan akan listrik bukan hanya untuk masyarakat namun juga untuk menggerakan sektor industri,” pungkas Nurdin.

Penambahan pembangkit bermesin diesel untuk Provinsi Kepri sendiri sebanyak 84 unit disebar di 33 lokasi dengan kapasitas total sebesar 45.500 kW dan alokasi untuk Kabupaten Karimun sendiri sebesar 20.500 kW dengan rincian: 1. Tanjung Balai (17×1.000 kW), 2. Moro (2×500 kW : 1×200 kW : 1×100 kW), 3. Pulau Durai (2×500 kW), 4. Pulau Alai (2×100 kW), 5. Pulau Buru (1×500 kA), 6. Pulau Sugi Bawah (1×200 kW : 1×100 kW), 7. Kericik (2×100 kW). Khusus untuk Tanjung Balai penambahan sebesar 17 MW menjadikan total kapasitas listrik menjadi 42 MW.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.