Gubernur Kepri Diminta Paparkan Kendala Investasi

Gubernur Kepri Nurdin Basirun memberi penjelasan kepada Menko Maritim, Kamis (15/03/2018). suryakepri.com/ist
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Gubernur H Nurdin Basirun semakin yakin pertumbuhan ekonomi di Kepri akan semakin membaik. Hal ini jika perencanaan dan upaya-upaya yang dibincangkan bersama Menko Kemaritiman dalam pelayaran selama tiga jam di laut Batam terealisasi.

“Labuh jangkar, investasi dan persoalan sembako tadi kita bicarakan. Semuanya agar Kepri semakin maju. Pendapatan meningkat, investasi terus masuk,” kata Nurdin usai bertemu dengan Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan di Turi Beach Resort, Kamis (15/3) petang.

Sebelum melanjutkan pertemuan di Turi Beach, Nurdin terlebih dahulu menemani Luhut berkeliling laut Batam selama tiga jam. Perjalanan bermula dari pelabuhan Batu Ampar Batam menuju Pulau Nipah yang memang berbatasan langsung dengan Singapura dan Malaysia.

Selama perjalanan itu, Luhut beberapa kali mendapat penjelasan Nurdin dengan kondisi perbatasan dan pulau-pulau sekitar selama perjalanan. Ketika Luhut bertanya, sebelum anak buah kapal menjelaskan, Nurdin tampak lebih cepat tanpa melihat peta menjelaskannya.

Demikian juga dengan perbatasan baik di Selat Melaka maupun di Selat Singapura (Selat Philips). Nurdin sempat menunjuk kapal yang labuh jangkar namun diduga mematikan GPS sehingga tidak terdeteksi.

Dalam perjalanan itu juga, Luhut dan Nurdin melihat langsung kesibukan lalu lintas kapal di Selat Malaka dan Selat Singapura. Luhut melihat potensi besar pemasukan negara dari berbagai aktivitas laut yang berada di Kepri ini.

Sememangnya Nurdin sangat mendukung usulan yang disampaikan Luhut Binsar Panjaitan  untuk menjadikan aktifitas pelabuhan dan lego jangkar menjadi makin baik dan terpadu.

Seluruh kegiatan dan aktifitas semua pelabuhan di Batam harus makin membaik. Bila ini bisa dilaksanakan, maka akan memberikan dampak yang sangat  bagus. Karenanya kata Nurdin pihaknya akan terus mendorong, salah satunya dengan segera melakukan kajian dengan melibatkan pihak terkait, dalam upaya mewujudkan aktifitas pelabuhan di Kepulauan Riau menjadi makin terpadu.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.