Sunday, June 16, 2024
HomeTanjungpinangWakil Gubernur Ajak ASITA Dan PHRI Genjot PAD Melalui Pariwisata

Wakil Gubernur Ajak ASITA Dan PHRI Genjot PAD Melalui Pariwisata

spot_img

SURYAKEPRI.COM – Wakil Gubernur Kepulauan Riau H. Isdianto mengajak Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) dan Persatuan Hotel Republik Indonesia (PHRI) untuk bersama-sama pemerintah menggenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui sektor pariwisata.

Wagub yakin masih banyak sektor pariwisata yang tersebar di seluruh Kepulauan Riau yang bisa digali dan dijadikan ladang bisnis bagi daerah dan menambah PAD. “Sengaja saya undang bapak-bapak sekalian dari ASITA dan PHRI untuk berdiskusi hari ini. Karena para pelaku pariwisata di Kepri ini ya bapak-bapaklah tentunya,” kata Isdianto saat rapat bersama ASITA dan PHRI di ruang kerjanya, kantor Dompak, Tanjungpinang, Rabu (11/4).

Mendampingi Wakil Gubernur pada kesempatan ini kepala Dinas Pariwisata Kepri Buralimar dan Kepala Dinas Kebudayaan Yatim Mustafa.

Setelah dilantik oleh Presiden RI Joko Widodo sebagai Wakil Gubernur Kepri pada 27 Maret lalu, Isdianto menegaskan jika dirinya sangat komitmen dalam pengembangan dunia pariwisata. Menurut Isdianto potensi wisata di Kepri tidak akan pernah ada habisnya. Berbeda dengan bisnis pertambangan atau sejenisnya yang sangat bergantung terhadap barang baku.

“Waktu saya baru dilantik, di Jakarta ada wartawan yang datang dan mewawancarai saya. Dia bertanya tentang potensi apa yang bisa digali di Kepri. Dan dengan spontan saya jawab potensi pariwisata. Letak kita yang strategis, laut yang luas dan pantai yang indah, kebudayaan, sejarah dan sebagainya adalah potensi yang bisa terus dikembangkan,” kata Isdianto.

Bahkan, Wakil Gubernur melanjutkan bahwa pada hari tersebut setelah dilantik, dirinya langsung mengadakan pertemuan terbatas bersama Dirjen Pengembabgan Pariwisata di Kementerian Pariwisata.

“Banyak sekali kegiatan di Kementerian Pariwisata yang bisa kita kombinasikan dengan kegiatan kita di Daerah. Yang penting kita mau menjoloknya. Saya yakin sekali dengan semangat teman-teman di ASITA dan PHRI ini, dunia pariwisata Kepri akan terus berkembang,” ujar mantan Kepala Dispenda Kepri ini.

Selanjutnya Wakil Gubernur menginstruksikan  Dinas Pariwisata dan Dinas Kebudayaan Kepri lebih merapatkan barisan. Menindak lanjuti hasil rapat ini, serta meningkatkan komunikasi dan koordinasi dengan Kementerian Pariwisata agar bisa menyerap dana dari pusat dengan maksimal.

Sementara itu ketua DPD ASITA Kepri, Andika mengatakan bahwa untuk mendongkrak kunjungan wisman ke Kepri, pihaknya akan menggelar kegiatan ASITA Trave Agent ke-2 dengan melibatkan sejumlah negara di ASEAN. Aapun agendanya sudah terjadwal akan dilaksanakan 3 – 5 Mei mendatang.(*/tia)

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER