Gubernur Kepri Nurdin Basirun Menebar Benih Ikan Kakap Putih

Gubernur Kepri Nurdin Basirun saat menebar benih ikan kakap putih sebanyak 5000 ekor dengan keramba 15 unit bertempat di SMK Perikanan dan Kelautan, Busung, Kecamatan Bintan Utara, Kabupaten Bintan, Jumat (26/4)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.
SURYAKEPRI.COM – Gubernur Kepri  H Nurdin Basirun meminta kepada pengelola tambak ikan kakap putih yang telah mendapatkan benih ikan kakap putih agar dapat menjaga kualitas bibit-bibit unggul yang ada untuk terus dibudidayakan sehingga dapat berkembang dengan baik sehingga akan berdampak positif bagi kesejahteraan serta menjadikan pasar dunia perikanan.
“Penebaran bibit ikan disini ini nantinya akan membuat masyarakat menjaga lingkungan, karena ada yang dihasilkan dari sini sehingga dapat dimanfaatkan dan berfungsi untuk pengembangan ekonomi,” kata Nurdin saat menebar benih ikan kakap putih sebanyak 5000 ekor dengan keramba 15 unit bertempat di SMK Perikanan dan Kelautan, Busung, Kecamatan Bintan Utara, Kabupaten Bintan, Jumat (26/4).
Nurdin juga menyampaikan bahwa Pemerintah melalui Dinas Perikanan dan Kelautan sebagai teknis akan terus memberikan pembinaan dan bimbingan kepada kelompok dan pelaku budidaya ikan kakap putih.
“Nanti akan saya tugaskan kepala Dinas perikanan ini, harus banyak inovasi dan berkolaborasi kalau sebelumnya konsentrasi perikanan tangkap sekarang lebih konsentrasi ke perikanan budidaya, harus dipikirkan bagaimana upaya pengembangan dan pemasaran ikan ini nantinya,” lanjut Nurdin.
Tebar benih ikan kakap putih adalah hasil dari pengembangbiakan balai benih ikan gondor bali. Yang mana nanti nya Kepri 65% perekonomian nya hasil Perikanan, dan bentuk usaha unggulan indonesia ialah koperasi yang mana dunia luar Denmark dan Norwegia sudah melaksanakan.
Kegiatan sendiri merupakan kolaborasi antara Dinas Prikanan dan Kelautan, SMK Prikanan dan Kelautan, Universitas Padjajaran, Universitas Dipenegoro, Bank Nasional Indonesia, PT Stargold, Pengelola Koperasi.
Meskipun Diakui memang budidaya ikan masih belum familiar dilakukan oleh masyarakat Kepri, mengingat daerah ini merupakan kepulauan yang sebagian besar dikelilingi lautan 96%, namun menurut Nurdin dengan kerja keras dan usaha yang serius dipastikan budidaya ikan akan dapat terealisasi.
Nurdin berharap dari benih ikan yang ditebar, beberapa bulan kemudian dapat dimanfaatkan masyarakat. Selain untuk memenuhi kebutuhan gizi, juga diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.
“Karena itu mari sama-sama kita jaga dan tingkatkan,” tambah Nurdin.
Kemudian, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Edy Sopian menegaskan, dari penebaran bibit ikan tersebut diharapkan dapat terus berjalan berkesinambungan serta dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, serta menjaga lingkungan agar terus terawat dengan baik.
“Sehingga deengan telah melakukan pembenahan sistem ekosistem ikan kakap putih akan berdampak pada peningkatkan perekonomian rumah tangga kedepannya dan membuat masyarakat lebih sejahtera seperti yang diharapkan oleh pak Gubernur,” kata Edy.(*)
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.