Pesan Gubernur Kepri Nurdin Basirun: Ajarkan Kejujuran 

Gubernur Kepri Nurdin Basirun saat safari ramadan.

SURYAKEPRI.COM – Gubernur Kepri H Nurdin Basirun mengajak orang tua mendorong anak-anak untuk berlomba-lomba dalam menuntut ilmu. Selain pendidikan umum, ilmu-ilmu agama harus diberikan. Biar jadi pegangan generasi penerus, sehingga tumbuh penuh keilmuan dan keimanan.

“Jaga budak-budak kite, kasi mereka pendidikan dan kesempatan dalam menuntut ilmu. Yang terpenting ajarkan kejujuran dalam berlingkungan,” kata Nurdin dalam rangkaian safari ramadhannya di sejumlah pulau di Batam, Senin (20/5).

Dari Tanjungpinang, rangkaian safari ramadhan bermula di Pulau Seraya dengan menunaikan shalat ashar di Masjid Baiturrahman. Dari Pulau Seraya, Nurdin dan rombongan melaksanakan majelis berbuka puasa bersama di Masjid Nurul Falah, Temoyong. Nurdin kemudian bergerak lagi menuju Selat Nenek. Di Masjid Hajjah Salmah Baitul Ghofur, Nurdin dan rombongan menunaikan shalat Isya dan Tarawih berjamaah.

Menurut Nurdin, pendidikan agama harus dijadikan pondasi yang tegap dan ada dalam diri anak-anak. Mereka nantinya akan tumbuh cemerlang dan gemilang. Anak-anak muda, kata Nurdin, juga harus bersaing dan berlomba-lomba dalam menuntut ilmu.

“Perkembangan dunia sangat cepat dengan modernisasinya, makankita ingin generasi yang mampu bersaing dan penuh iman taqwa,” kata Nurdin.

Pemerintah, kata Nurdin terus membangun infrastruktur pendidikan. Termasuk dukungan untuk pendidikan keagamaan seperti pondok tahfiz atau pesantren. Ada infrastruktur untuk menggerakkan ekonomi dan pembangunan bidang yang memperkuat  ikan dan taqwa.

“Kami sebagai pemegang amanah masyarakat terus mengembangkan dan membentengi dengan agama, agar anak-anak kita berjalan dalam koridor-koridor yang telah kita fasilitasi dengan berdirinya pondok-pondok pesantren dan TPQ di masjid Mushallah,” ucap Nurdin.

Sebelum meninggalkan Pulau Seraya, Gubernur sempat bertanya kepada seseorang anak muda. Yang bentuk postur tubuh dan pakain seperti pemain sepak bola. Nurdin yang juga Asprov PSSI Kepri ini langsung menyapa.

“Mike pemain bola yak (logat pulau), kalau serius nanti undang saye kita kembangkan olahraga di pulau ini,” kata Nurdin sambil melambaikan tangan.

Setiba di Kelurahan Temoyong, sebelum melaksanakan Buka Bersama dan Shalat Magrib berjemah di Masjid Nurul Falah, Gubernur memanggil Kepala Dinas Perkim. Agar segera membuat kegiatan prioritas bagi rumah yang pondasi tiang yang sudah membahayakan tersebut.