Kekhasan Seni Jaranan Suryo Joyo Kusumo Selalu Menghipnotis Penonton

Penampilan grup kesenian jaranan Suryo Joyo Kusumo dalam halal bihalal paguyuban di Sagulung, 22 Juni 2019.
Penampilan grup kesenian jaranan Suryo Joyo Kusumo dalam halal bihalal paguyuban di Sagulung, 22 Juni 2019.
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM, BATAM – Kota Batam kaya akan keragaman budaya. Sebagai Indonesia mini, Batam memiliki beragam potensi kesenian yang berasal dari berbagai adat istiadat, suku dan budaya di tanah air.

Salah satunya kesenian dari budaya Jawa. Seni jaranan campursari Suryo Joyo Kusumo Batam, bukanlah paguyuban seni yang asing di Kota Batam ini. Eksistensinya diakui karena mereka selalu tampil dalam berbagai acara.

Dengan kekhasannya, kesenian ini cukup menarik perhatian masyarakat. Setiap tampil, ratusan bahkan ribuan warga berbondong-bondong untuk menyaksikannya.

DISADARKAN – Peraga seni jaranan menjalani proses penyadaran setelah mengalami “entrance” dari sesepuh paguyuban.(SURYA KEPRI/ Catur Yudha)

Baca:Warga Yogyakarta di Batam Gelar Harlah Pentaskan Jathilan

Baca:Megawati : Siapakah Sebenarnya yang Akan Dihancurkan di Abad 21 Ini?

Baca:Soerya Pastikan PDIP Akan Ikut Pilgub Kepri

Kesenian tradisional ini semakin menarik ketika dikolaborasikan dengan kemasan seni kekinian.

Terakhir kali mereka tampil dalam acara Halal Bihalal Paguyuban Seni Jaranan Campursari Suryo Joyo Kusumo (SJK), Batam pada Sabtu 22 Juni 2019 lalu di Lapangan SP Plaza, Kecamatan Sagulung, Kota Batam, Kepulauan Riau.

Penampilan seni jaranan Suryo Joyo Kusumo. (SURYA KEPRI/ Catur Yudha)

Menurut Supriono, ketua Paguyuban SJK, acara tahunan halal bihalal ini sebagai upaya turut melestarikan budaya Jawa di Batam. Pertunjukan seni kuda lumping kreasi modern dari Jawa Timur ini disaksikan ribuan orang.

Dalam kesempatan ini dihadiri oleh perwakilan Paguyuban Among Wargo Jowo (Punggowo) & Jogoboyo Sugianto SH yang juga merupakan anggota DPRD Provinsi Kepri terpilih dari dapil Sekupang, Belakangpadang, Batuaji dan Sagulung.

Penampilan Seni jaranan Suryo Joyo Kusumo. (Surya Kepri/Heny Nakenz)
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.