Sunday, May 19, 2024
HomeBatamSoerya Respationo Prihatin, Sebut Kerja Keras Gubernur Nurdin Basirun Sudah Teruji

Soerya Respationo Prihatin, Sebut Kerja Keras Gubernur Nurdin Basirun Sudah Teruji

spot_img

SURYAKEPRI.COM, BATAM – Mantan Wakil Gubernur HM Soerya Respationo mengaku prihatin dan terkejut dengan peristiwa yang dialami Gubernur H Nurdin Basirun.

Apalagi, sepanjang Rabu (10/7) itu, dari pagi hingga siang, dirinya masih bersama Nurdin menghadiri peringatan HUT Bhayangkara ke-73 di Mapolda Kepri, Kota Batam.

“Atas kejadian yang menimpa Nurdin saya prihatin dan terkejut. Mudah-mudahan diberikan ketabahan. Dan ikut saja proses hukumnya,” kata Soerya di Kediamannya, Duta Mas, Batam, Jumat (22/07/2019).

Baca: Pasca OTT Gubernur Kepri Mendagri Panggil Wagub dan Sekda

Baca: Nurdin Basirun Tersandung Reklamasi di Tanjungpiayu, Diduga Dua Kali Terima Suap

Baca: Yuk… Nonton Bareng Tayang Perdana Film Iqro My Universe

Bahkan diceritakan Soerya, malam sebelumnya, Nurdin ikut menghadiri pertunangan putri bungsunya Bidadari Mahardika Respati, di D’Patros, Batam.

Soerya mengatakan kerja keras Nurdin tentang sosial kemasyarakatan sudah teruji. Selalu rajin mengunjungi masyarakat di pelosok-pelosok.

Nurdin juga rajin menginspeksi pembangunan infrastruktur.

Soerya berpesan kepada Nurdin untuk mengikuti proses hukum yang berlangsung. Juga bersikap koorporatif dan beri informasi tidak lain dari yang sebenarnya.

Kepada masyarakat, Soerya berpesan untuk tidak berspekulasi terlalu jauh. Karena pedoman hukum itu menganut azas praduga tak bersalah.

“Peristiwa ini mari kita ambil hikmahnya secara bersama-sama,” kata Ketua PDI-Perjuangan Kepri ini.

Mantan Wakil Gubernur ini juga berpesan kepada Plt Gubernur H Isdianto. Dia minta agar Isdianto dapat memanage tata kelola pemerintahan dengan sebaik-baiknya. Roda pemerintahan harus tetap jalan.

Demikian juga dengan pelayanan kepada masyarakat. Sehingha pemerintahan itu sendiri dan pembangunan tidak terganggu.

“Para pegawai di Pemprov juga harus tetap bekerja dengan penuh totalitas dan semangat yang tinggi,” kata Soerya.

Gubernur Nurdin Basirun akhirnya menjadi tersangka dugaan tindak pidana korupsi, yakni penerima suap terkait izin reklamasi di Tanjungpiayu, Kota Batam.

Nurdin dan sejumlah pejabat di Pemprov Kepri terkena operasi tangkap tangan (OTT) tim KPK di rumah dinas gubernur pada Rabu (10/07/2019). Setelah dilakukan pemeriksaan di kantor KPK, Jakarta, empat orang dinyatakan sebagai tersangka.

Nurdin sendiri sudah langsung dinonaktifkan sebagai Ketua DPW Nasdem Kepri oleh DPP Partai Nasdem sejak Kamis.

Sedangkan untuk jabatannya di pemerintahan Kepri, Mendagri Tjahjo Kumolo juga telah menunjuk Wakil Gubernur Isdianto menjadi pelaksana tugas, berlaku sejak Jumat (12/07/2019).(*/ton)

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER