Tegang Drama Penyergapan Enam Kapal Pencuri Ikan Asal Vietnam di Laut Natuna

Suasana penyergapan kapal ikan vietnam di laut Natuna Utara, Kepri. (foto/istimewa)

SURYAKEPRI.COM, NATUNA – Sebanyak 6 kapal ikan asing (KIA) asal Vietnam yang hendak melakukan pencurian ikan di wilayah Indonesia disergap tim keamanan RI.

Enam kapal asing itu sempat disergap Kapal Pengawas Perikanan KP Hiu 011 milik Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan KN Bintang Laut 401 milik Badan Keamanan Laut (Bakamla).

Namun, ketegangan sempat terjadi di lautan saat kapal-kapal asing itu sudah dalam pengawalan menuju dermaga. Kapal milik aparat Vietnam melakukan intervensi.

Baca:  Isdianto Nginap di Jakarta Jemput SK Plt Gubernur Kepri

Penangkapan keenam kapal tersebut dilakukan pada Kamis (11/07/2019) sekitar pukul 16.30 WIB sampai dengan 17. 30 WIB saat gelar operasi pengawasan di Laut Natuna Utara, Kepulauan Riau.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) KKP yang juga sebagai Kepala Sekretariat Satuan Tugas Pemberantasan Penangkapan Ikan Secara Ilegal (Satgas 115) Agus Suherman menuturkan kapal-kapal asing itu dicegat terpisah.

KP Hiu 11 yang dinakhodai Capt. Slamet berhasil menangkap 4 kapal, yaitu BV 93655 TS, BV 93656 TS, BV 93269 TS, dan BV 93169 TS.

Sementara, KN Bintang Laut 401 yang dinakhodai Capt. Margono menangkap 2 KIA Vietnam lainnya.

Baca: Akibat Terjatuh, Prasetyo Alami Kelumpuhan: Sampai Jual Tanah Tak Kunjung Sembuh

“Kapal-kapal tersebut ditangkap di Zona Ekonomi Ekslusif Indonesia (ZEEI) Laut Natuna Utara yang merupakan Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia (WPP-NRI) 711,” tambah Agus dalam rilisnya yang diterima Jumat (12/07/2019) malam.