Inovasi Mahasiswa Undip, dari Kebisingan Bandara Diubah Jadi Energi Listrik

Tim mahasiswa Undip Semarang menciptakan alat pengubah kebisingan bandara menjadi energi listrik yang dinamai Sinting. (foto/dok Undip)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

Tim dari mahasiswa Undip, Semarang membuat terobosan alat untuk mengkonversi kebisingan di Bandara menjadi energi listrik yang diberi nama Sinting (Sound Energy Harvesting).

SURYAKEPRI.COM, SEMARANG – Bandara pasti bising. Lebih lebih yang memiliki frekuansi jadwal penerbangan padat.

Tak heran jika banyak calon penumpang kurang enjoy saat berada di bandara, terutama saat mendengar pesawat yang siap terbang maupun seusai mendarat (landing).

Tetapi sebuah terobosan baru ditemukan oleh tim dari Universitas Diponegoro (Undip) Semarang.

Baca: Pegatron Serap 1.600 Naker Kepri Investasi 40 Juta Dolar AS

Baca: Lebih 150 Lulusan SMA/SMK Ikut Ujian Mandiri Mahasiswa Undip di Batam

Baca: Penampakan Unit Bisnis di Apartemen Puri Khayangan Dapat Respons Luar Biasa

Tim Mahasiswa Universitas Diponegoro yang terdiri dari Rifki Rokhanudin sebagai ketua, Ragil Adi Nugroho dan Yudha Cindy Pratama sebagai anggota membuat terobosan alat untuk mengkonversi kebisingan di Bandara menjadi energi listrik yang diberi nama Sinting (Sound Energy Harvesting).

Piranti inovatif yang diberi nama Sinting.(dok/undip)

Ya, selama ini kebisingan di bandara belum dimanfaatkan dan dibiarkan begitu saja.

Berlatar belakang dari kondisi tersebut, ketiga mahasiswa ini merancang alat tersebut melalui hibah penelitian Program Kreativitas Mahasiswa bidang Karsa Cipta.

Seperti dipublikasikan laman resmi Undip, Kamis (17/7/2019), alat tersebut dirancang menggunakan prinsip kerja induksi elektromagnetik, seperti yang diterapkan dalam mikrofon. Namun, mikrofon hanya mampu menghasilkan arus sangat kecil.

Maka dari itu, Sinting dirancang dengan mengikutsertakan teknologi tambahan sehingga arus listrik dihasilkan bisa lebih kuat.

Cara kerja alat itu yakni menangkap kebisingan melalui reflektor parabola kemudian difokuskan pada sistem tranduser yang memicu terjadinya induksi elektromagnetik yang kemudian menghasilkan energi listrik.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.