Thursday, March 28, 2024
HomeLainnyaNasionalDampak Gempa di Banten, Sejumlah Bangunan di Depok Rusak

Dampak Gempa di Banten, Sejumlah Bangunan di Depok Rusak

spot_img

SURYAKEPRI.COM, DEPOK -Dampak gempa sampai merusakkan sejumlah bangunan.

Getaran gempa cukup kencang terasa di Kota Depok, Jawa Barat. Guncangan itu bahkan sampai sekitar satu menit pada Jumat (2/8) pukul 19.03 WIB. Sejumlah bangunan rusak.

Berdasarkan laporan BMKG, telah terjadi gempa berpotensi tsunami di Banten pada kedalaman 10 km dengan kekuatan 7,4 SR.

“Sangat kencang getarannya di ITC. Pemilik toko dan pengunjung berhamburan keluar,” kata Sisca, seorang pemilik toko di ITC Kota Depok.

Baca: 4 Provinsi Waspada Tsunami Menyusul Gempa di Banten 2 Agustus 2019

Baca: Guncangan Gempa Terasa Hebat di Sukabumi, Warga Berlarian

Seperti dirilis Republika, kepanikan juga melanda para petugas Satpol PP Depok yang berada di Gedung Baleka II yang berlari keluar gedung. “Gempanya kencang sekali. Kepala kami pusing,” ujar petugas Satpol PP Kota Depok, Delfian.

Para penghuni Apartemen Margonda Resudence (Mares) IV dan V juga panik saat gempa terjadi. “Semuanya berusaha turun dan berlari keluar. Goncangannya cukup kencang,” tutur seorang penghuni, Yadi.

Para pengunjung yang sedang asyik berkaroke di Inul Vista Mal Depok juga berlarian keluar ruangan saat gempa terjadi. “Cukup kencang, kami tahu sedang ada gempa, makanya semua berlarian keluar ruangan dan keluar gedung,” jelas resepsionis Inul Vista Mal Depok, Yuli.

Goncangan gempa membuat beberapa bangunan di Kota Depok juga rusak. Salah satunya di Ruko Verbena yang berlokasi di Jalan Boulevard GDC, Kelurahan Tirtajaya, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok.

Salah satu ruko di lokasi tersebut dinding keramiknya terlepas dan jatuh sehingga pecah. Bahkan akibat dari gempa tersebut, warga di sekitar Ruko Verbena pun berhamburan keluar karena khawatir bangunannya akan rubuh. “Ada sedikit kerusakan,” kata seorang warga di sekitar Ruko Verbena GDC, Kota Depok.

Warga di Sukabumi, Jawa Barat,juga panik diguncang gempa dengan magnitudo 7,4 SR yang berpusat di Banten, Jumat (02/08/2019) malam.

Mereka berlarian ke luar rumah dan pusat perbelanjaan karena guncangan gempa cukup kuat terasa.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini tsunami untuk empat provinsi, yakni Banten, Bengkulu, Jawa Barat, dan Lampung.

Peringatan dini ini menyusul gempa berkekuatan magnitudo 7,4 SR pada Jumat (2/8) pukul 19.03 WIB.

Gempa tersebut berpusat pada 7.54 LS dan 104.58 BT atau 147 kilometer di barat daya Sumur, Banten. (republika)

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER