Harga Cabai Sumbang Inflasi Juli 2019, BI: Tetap Terkendali

Ilustrasi Inflasi
Ilustrasi
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM, BATAM – Melambungnya harga-harga komoditas aneka cabai menjadi penyumbang inflasi Juli 2019. Hal ini merupakan dampak kurang menguntungkan dari musim kemarau.

Namun demikian, Bank Indonesia (BI) melaporkan bahwa pada bulan Juli 2019, Inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) tetap terkendali.

Sebagaimana rilis Bank Indonesia pada 1 Agustus 2019 di situs resminya, menyebutkan bahwa Inflasi IHK pada Juli 2019 tercatat 0,31% (month to month/mtm), menurun dibandingkan inflasi bulan sebelumnya sebesar 0,55% (mtm).

BACA JUGA: Proficiat! Jurnal Ekonomi BI Masuk Indeks Scopus

BACA JUGA: OJK Dorong Kaum Muda Melek Keuangan

Penurunan inflasi didorong oleh inflasi kelompok inti dan volatile food yang terjaga, serta deflasi kelompok administered prices.

Dengan perkembangan tersebut, inflasi IHK mencapai 2,36% (ytd) atau 3,32% (yoy) sampai dengan Juli 2019, tidak banyak berubah dibandingkan dengan inflasi bulan sebelumnya sebesar 3,28% (yoy).

Ke depan, Bank Indonesia tetap konsisten menjaga stabilitas harga dan memperkuat koordinasi kebijakan dengan Pemerintah, baik di tingkat pusat maupun daerah.

BACA JUGA: OJK Gelar AKSIMUDA Menabung untuk Semua

Hal itu guna memastikan inflasi tetap rendah dan stabil yang diprakirakan berada di bawah titik tengah kisaran sasaran inflasi 3,5±1% pada 2019.

Tetap terkendali…

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.