Tips Lindungi Data Pribadi Agar Tak Dibobol Orang untuk Kejahatan

Ilustrasi personal data (majalahict)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Anda curiga data pribadi bocor? Saat ini dikabarkan banyak oknum tidak bertanggung jawab memperjualbelikan data- data pribadi kita.

Jikapun tidak diperjualbelikan, penyadapan data itu bisa jadi bagian dari modus para pelaku. Korban-korban penipuan kian banyak berjatuhan akhir-akhir ini.

Data-data pribadi yang diincar ini mencakup nomor telepon, Nomor Induk Kependudukan (NIK), hingga data Kartu Keluarga (KK).

Baca: Kapolresta Barelang Berganti, AKBP Prasetyo Rahmad Purboyo Pejabat Baru

Baca: Kejaiban dari Kecelakaan Truk Timpa Mobil: Dari Balik Kaca yang Pecah Ifat Selamatkan Bayinya

Sejatinya, data-data ini diambil dari ranah internet. Di ranah maya, oknum-oknum ini menipu para pengguna untuk menyerahkan identitas dan data pribadi demi modus tindak kejahatan.

Hal-hal ini mencakup modus situs pengecekan KTP palsu, modus lowongan pekerjaan, hingga berbentuk pesan singkat (SMS) berisi tautan yang menjanjikan pinjaman uang secara online dengan mudah.

Nah, untuk menghindari hal-hal tersebut, pengguna seharusnya lebih berhati-hati dan waspada terhadap data pribadi.

Berikut sejumlah tips yang bisa diikuti untuk melindungi data pribadi kita agar tidak dipergunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Cnet, Jumat (2/8/2019).

1. Pakai password yang rumit

Akun-akun pengguna bisa saja diretas jika kata sandi (password) mereka lemah. Ketika diretas, para oknum tidak bertanggung jawab bebas melakukan apapun terhadap data-data yang tercantum di akun tersebut.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.