Sunday, June 16, 2024
HomeLainnyaNasionalPembangkit Listrik Alami Gangguan, Pemadaman Terjadi di 16 Daerah di Jawa

Pembangkit Listrik Alami Gangguan, Pemadaman Terjadi di 16 Daerah di Jawa

spot_img

JAKARTA, SURYAKEPRI.COM -Akibat gangguan turbin di pembangkit listrik, sejumlah daerah di Jawa  mengalami pemadaman.

Bahkan aktifitas sosial masyarakan juga terganggu akibat masalah supali listrik yang terputus itu.

Operasional transportasi Moda Raya Terpadu (MRT) berhenti usai listrik padam yang terjadi di sejumlah wilayah di Jakarta.

Baca:Begini Aksi Tarian Semarak Berzapin hingga Perkusi Tepikek Mangkoyo Terikek yang Memukau Penonton

Baca:Sambut Ibu Negara Hj Iriana Jokowi di Batam, Jalan Tanah Menuju Lokasi pun Diratakan

Baca:Acara di Batam Hj Iriana Jokowi Akan Lepas Satwa Elang Laut Perut Putih

Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta, Muhammad Kamaluddin menjelaskan setidaknya empat kereta MRT sempat tertahan di bawah tanah karena listrik padam.

Saat ini petugas di lapangan sedang melakukan evakuasi di sejumlah statsiun MRT.

“Tim Operation Control Center (OCC) MRT mendeteksi 4 kereta ratangga terhenti diantara stasiun bawah tanah dan saat ini dalam proses evakuasi,” kata Kamal kepada CNNIndonesia.com, Minggu (4/8).

Listrik yang padam, para petugas, kata Kamal, melakukan pembukaan pintu otomatis MRT secara manual. Kendati begitu pihaknya memastikan proses evakuasi berjalan aman.

Sementara diperoleh informasi, sebanyak 16 daerah terkena dampak pemadaman listrik akibat gangguan sejumlah pembangkit listrik di Jawa, Minggu (4/8/2019) siang.

Melalui keterangan tertulis, PLN menyebut 16 daerah itu antara lain wilayah Jakarta, Tanggerang, Bandung, Bekasi, Cianjur, Cimahi, Cirebon, Garut, Karawang, Purwakarta, Majalaya, Sumedang, Tasikmalaya, Depok, Sukabumi, dan Bogor.

“Kami mohon maaf sebesar-besarnya untuk pemadaman yang terjadi, saat ini upaya penormalan terus kami lakukan, bahkan beberapa Gardu Induk sudah mulai berhasil dilakukan penyalaan,” ujar Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN I Made Suprateka.

Ia menjelaskan, pemadaman yang terjadi akibat Gas Turbin 1 sampai dengan 6 Suralaya mengalami trip. Sementara Gas Turbin 7 saat ini dalam posisi mati.

Selain itu, Pembangkit Listrik Tenaga Gas Turbin Cilegon juga mengalami gangguan atau trip. Sementara pemadaman daerah-daerah Jawa Barat karena terjadinya gangguan pada Transmisi SUTET 500 kV.

“Sekali lagi kami mohon maaf dan pengertian seluruh pelanggan yang terdampak akibat gangguan ini, kami berjanji akan melakukan dan mengerahkan upaya semaksimal mungkin untuk memperbaiki sistem agar listrik kembali normal,” kata Made.

Dari sisi perbaikan penyebab gangguan, pihaknya sudah melaksanakan pengamanan GSW yang putus, dan penyalaan kembali GT di Suralaya.

Lalu akan dilaksanakan scanning assesmen kondisi GSW yang setipe dan pengaturan beban dari UP2B untuk meminimalisir pemadaman.(cnn indonesia/ayo bandung)

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER