Industri Kecil di Tegal Bisa Jadi Pemasok Suku Cadang Otomotif

Ilustrasi komponen mobil (electro.com)
Ilustrasi komponen mobil (electro.com)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM, JAKARTA – Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Tegal, Jawa Tengah, bisa jadi pemasok suku cadang otomotif seperti mobil, motor, dan permesinan lainnya.

Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) bersama Dinas Perindustrian Kabupaten Tegal menginisiasi pembentukan Material Center untuk IKM sektor logam dan komponen alat angkut di Tegal.

Inisiatif kerja sama ini sebagai upaya strategis memenuhi kebutuhan bahan aku yang berkelanjutan dan berkualitas untuk sektor IKM tersebut.

BACA JUGA: Aturan Mobil Listrik Disahkan, Pemerintah Siapkan Insentif : Apa Saja Kemudahannya?

BACA JUGA: Agar Lepas dari Jebakan Pendapatan Menengah, Indonesia Harus Dorong Industri Manufaktur

“Sentra IKM logam sebagai bagian dari rantai pasok industri nasional perlu diperkuat,” kata Direktur Jenderal IKMA Kemenperin Gati WIbawaningsih di Jakarta, Kamis (15/8/2018).

“Tidak hanya (memperkuat) dari sisi kompetensi SDM, teknologi mesin, dan peralatan serta promosi dan kemitraan, tetapi juga dari sisi kemudahan untuk mengakses bahan baku.  Sehingga produktivitas dan daya saing IKM kita terus meningkat,”imbuh Gati.

Gati menjelaskan, Material Center di Tegal berperan dalam penyediaan bahan baku berbasis logam bagi IKM di sentra Tegal.

BACA JUGA: Rusia Dengar Info Industri Shipyard Prospektif di Batam, Berapa yang Aktif Sekarang?

Mereka sekaligus sebagai penyedia jasa logistik yang mengoptimalkan penjemputan bahan baku maupun pengantaran order barang jadi dari IKM kepada mitranya.

“Untuk mendukung secara penuh kegiatan produksi bagi IKM sekitar, material center juga akan mendukung melalui jasa permesinan yang dapat dimanfaatkan oleh IKM,” jelas Gati.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.