Tuesday, March 5, 2024
HomeLainnyaBisnisIndustri Kecil di Tegal Bisa Jadi Pemasok Suku Cadang Otomotif

Industri Kecil di Tegal Bisa Jadi Pemasok Suku Cadang Otomotif

spot_img

Material Center bakal didukung sistem informasi manajemen Enterprise Resource Planning (ERP) berbasis cloud untuk memudahkan pencatatan operasional pusat bahan baku tersebut.

“Jadi, ada sistem yang menghubungkan IKM, material center, dan vendor atau supplier yang akan mengoptimalkan koordinasi antar stakeholders,” ujar Gati.

“Selain itu, sistem informasi berbasis cloud itu juga sebagai bagian dari penerapan industri 4.0 dalam rantai pasok IKM,” imbuhnya.

BACA JUGA: Pekerja di Batam Usung Isu Lokal : “Sidang PHI ke Tanjungpinang Pasti Tambah Ongkos”

Menurut dia, partisipasi pelaku IKM dalam rantai pasok industri otomotif nasional menjadi bagian penting dalam perkembangan ekonomi di Indonesia.

Artinya, mereka tak hanya sekadar mampu dalam memproduksi berbagai komponen maupun aksesoris mobil dan motor dengan standar kualitas Agen Pemegang Merek (APM), tetapi juga terbukti mampu berinovasi dan melakukan berbagai pengembangan produk komponen sesuai selera pasar saat ini.

Sebagai salah satu sektor yang diprioritaskan, industri otomotif terus didorong agar dapat memberikan kontribusi yang lebih besar pada perekonomian nasional, terutama dari sisi ekspor.

“Pada tahun 2025, industri otomotif nasional ditargetkan dapat mengekspor satu juta unit mobil dengan porsi 20 persen di antaranya adalah mobil listrik,” papar Gati. (*)

 

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER