Thursday, June 13, 2024
HomeMixedNewsKilang RU V Balikpapan yang Terbakar Beroperasi Sejak 1922 - Ini Kapasitas...

Kilang RU V Balikpapan yang Terbakar Beroperasi Sejak 1922 – Ini Kapasitas Produksinya

spot_img

Kilang Minyak Balikpapan 1 dibangun sejak tahun 1922 dan dibangun kembali pada tahun 1948 dan mulai beroperasi tahun 1950.

Sedangkan Kilang Balikpapan II dibangun tahun 1980 dan resmi beroperasi 1 Nopember 1983.

Tugas Kilang Minyak Balikpapan mengolah minyak mentah menjadi produk-produk yang siap dipasarkan, yaitu BBM dan Non BBM.

Awal mulanya lokasi Kilang Minyak terletak di Jl. Minyak yang berhadapan langsung dengan teluk Balikpapan yang letaknya tidak jauh dari lokasi pelabuhan Semayang Balikpapan atau pantai Melawai yg menjadi obyek wisata dan pusat hiburan

Terbakar saat perbaikan

Salah satu pipa di dalam area kilang Pertamina RU V Balikpapan mengalami kebakaran. Percikan api diduga muncul sekitar pukul 9.30 WITA saat dilakukan perbaikan pipa.

Manager Region Communication Relation dan CSR Pertamina MOR VI Kalimantan Heppy Wulansari mengatakan, hingga saat ini api belum bisa dipadamkan, pemadaman api terus dilakukan oleh Pertamina RU V menggunakan media foam dan air dengan mengerahkan 4 unit mobil damkar dan 1 unit trailer foam.

“Untuk saat ini lokasi api sudah dilokalisir dan jalur api utama berhasil dipadamkan,” kata Heppy, di Jakarta, Kamis (15/8/2019).

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER