Rusuh di Manokwari Papua Barat – Perusuh Membakar dan Menjarah Kios-kios

Rusuh di Manokwari, Papua Barat, pecah pada Senin 19/8/2019 pagi sejak pukul 06.30 WITA.(republika)
Rusuh di Manokwari, Papua Barat, pecah pada Senin 19/8/2019 pagi sejak pukul 06.30 WITA.(republika)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

MANOKWARI, SURYAKEPRI.COM – Rusuh di Manokwari, Papua Barat, pecah pada Senin 19/8/2019 pagi sejak pukul 06.30 WITA.

Kerusuhan yang meledak di ibu kota Papua Barat, Manokwari itu diwarnai dengan pembakaran kios dan warung-warung, serta menjarah barang-barang.

Masyarakat turun ke jalan. Mereka membakar ban-ban di berbagai sudut kota dan jalan protokol, misalnya di kawasan Sanggeng (Hadi Mall) dan juga depan Kampus Universitas Papua (Unipa) Manokwari.

Baca: Presiden Jokowi Arahkan RAPBN 2020 untuk Penguatan SDM

Baca: Asumsi Makro Ekonomi: Tahun 2020 Pertumbuhan Ekonomi 5,3 Persen

”Terjadi pembakaran banyak banyak kios dan warung di depan Unipa. Selain di bakar warung itu dijarah dan di rusak masa. Gedung DPRD Papua barat dilempari. Di area jalan yang menuju area pelabuhan Manokwari juga terjadi pembakaran,” kata seorang warga Manokwari, ketika dihubung Republika.co.id, Senin pagi (19/8).

Menurutnya, semua sekolah yang sejak kemarin memang sudah dihimbau tutup. Ini karena satu hari sebelumnya sudah ada undangan yang beredar untuk mengajak warga Manokwari pada Senin ini untuk unjuk rasa.

”Topik demontrasinya soal rasa kepedulian terhadap situasi mahasiswa Papua yang sedang kuliah di Surabaya dan Malang. Untuk masyarakat melalui undangan itu diajak memberikan solidaritas dengan cara berkumpul di kampus Unipa. Himbuan ini beredar melalui media sosial,” kata sumber itu lagi.

Akibat adanya himbauan itu warga banyak yang ketakutan.

’’Namun saya duga, demonstrasi yang rusuh ini dipicu pula oleh situasi di mana dalam kurun sepekan terakhir di Unipa terjadi unjuk rasa tentang kebijakan rektor”.

“Kala itu muncul unjuk rasa tentang SPP mahasiswa baru yang sekitar Rp 1.200.000. Juga soal pemindahan kampus baru Unipa di Manokwari Selatan yang belum lengkap,” ujarnya.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.