Jersey Basket No 23 Bekas Obama Terjual Seharga Rp1,7 Miliar

Barack Obama (tengah) bersama tim basket semasa SMA. (NBCNews)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

NEW YORK, SURYAKEPRI.COM – Jersey bola basket nomor 11 yang pernah dikenakan mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, terjual seharga 120 ribu dolar AS, Senin (20/8/2019).

Menurut Heritage Auctions, rumah lelang di Dallas, Obama mengenakan jersey bernomor 23 itu ketika berusia 18 tahun. Kala itu, tahun 1979, dia adalah anggota tim basket SMA Punahou, Honolulu.

Jersey itu dibuka dengan harga 100 ribu dolar AS, dan akhirnya ditebus seharga 120 ribu dolar AS oleh sosok yang tidak disebutkan namanya.

Sebagian dari hasil penjualan jersey ini akan disumbangkan ke SMA Punahou.

Obama dikenal sebagai penggemar berat basket. Dia sering terlihat bermain basket ketika masih berkuasa di Gedung Putih.

Biasanya dia bermain dengan para bawahan, selebriti, maupun tamu lainnya.

Dia tak jarang menonton langsung sejumlah pertandingan NBA.

Bahkan dia hadir saat insiden sepatu Nike yang dikenakan pebasket fenomenal, Zion Williamson, robek dan solnya terlepas dalam pertandingan melawan University of North Carolina.

Williamson cedera dalam insiden itu. Peristiwa tersebut mengakibatkan penjualan Nike melorot 1 persen, keesokan harinya.

Jersey itu mungkin telah dibuang jika bukan karena sesama alumni Punahou, Peter Noble. Noble, junior Obama yang berada tiga tahun di bawahnya dan dia mengenakan jersey nomor 23 tersebut. 

Noble tidak menyadari bahwa jersey itu milik politisi Partai Demokrat itu, sampai akhirnya terpilih sebagai Presiden AS.

Noble kemudian membaca dalam artikel Sports Illustrated bahwa presiden kulit hitam pertama di AS itu pernah mengenakan jersey 23 tersebut di tim basket SMAnya.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.