Memperbaiki Neraca Perdagangan Indonesia
Energi Baru Terbarukan Jadi Strategi Pemerintah Menekan Impor BBM

Road test B30 oleh Kementerian ESDM (dok ESDM)
Road test B30 oleh Kementerian ESDM (dok ESDM)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

JAKARTA, SURYAKEPRI.COM –  Pemerintah menyampaikan beberapa strategi menekan laju impor Bahan Bakar Minyak (BBM) dan memperbaiki neraca perdagangan. Di antaranya mendorong penggunaan energi baru terbarukan (EBT).

“Ada empat cara menekan laju impor BBM, yaitu kendaraan listrik, menggunakan transportasi umum, pengenaan pajak yang tinggi untuk kendaraan CC besar, dan menggunakan renewable energy,” kata Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan dalam wawancara dengan sebuah media nasional, pekan lalu.

Langkah-langkah tersebut diyakini Jonan akan mampu menghemat devisa negara, utamanya saat nilai tukar rupiah terhadap dolar ikut bergejolak.

Khusus pemanfaatan EBT, Jonan menjelaskan, saat ini Pemerintah sudah menerapkan kebijakan penggunaan campuran biodiesel ke dalam BBM jenis solar sebesar 20% atau yang dikenal dengan sebutan B-20.

“Sejak 2018 sudah diterapkan B-20 tapi hanya untuk yang subsidi, tapi akhirnya diterapkan semua.”

“Sekarang diterapkan lagi secara penuh, sebesar 20% dari total minyak solar yang dipakai baik subsidi maupun tidak dengan kadar CN yang di bawah 50,” ungkap Jonan.

Hemat 6 Juta KL/Tahun

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.