Thursday, April 18, 2024
HomeTipsLibur Akhir Tahun Sebentar Lagi Tiba, Ini Tips Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

Libur Akhir Tahun Sebentar Lagi Tiba, Ini Tips Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

spot_img

SURYAKEPRI.COM –  Liburan akhir tahun sudah di depan mata. Mau liburan kemana?

Anda yang berencana liburan akhir tahun tentunya harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, salah satunya dengan membeli tiket pesawat.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tiket pesawat murah meskipun tidak sedang promo.

Ini dia tips dan trik mendapatkan tiket pesawat murah!

  1. Perhatikan destinasi tujuan Anda

Baca: Ramalan Zodiak 26 Agustus 2019, Taurus Lagi Boros Nih

Destinasi Anda berpengaruh besar terhadap harga tiket penerbangan.

Ini dikarenakan beberapa destinasi tertentu dilayani oleh maskapai bujet rendah, seperti Surabaya, Yogyakarta, Singapura, Kuala Lumpur, dan Bali.

Maskapai yang melayani destinasi ini menerapkan harga yang cenderung fluktuatif atau berubah. Oleh sebab itu, jika Anda merasa bahwa harga tiket saat itu adalah harga termurah yang bisa didapatkan, jangan ragu untuk membelinya.

Berbeda dari destinasi yang dilayani oleh maskapai berbujet rendah, tujuan seperti Tanjung Pinang, Banjarmasin, Aceh, dan Belitung yang tidak terlalu ramai, memiliki harga tiket penerbangan yang cenderung stabil.

Hal tersebut dikarenakan maskapai yang melayani penerbangan ke destinasi ini menerapkan sistem year round fare, yang artinya harga tiket tetap stabil sepanjang tahun, kecuali saat high season libur lebaran dan tahun baru.

  1. Pilih waktu keberangkatan di hari dan tanggal yang tepat

Baca: Di Toko Frank&Co Batam, Ada Liontin Berlian Hanya Seharga Rp2,2 Juta

Waktu keberangkatan juga memengaruhi harga tiket termurah yang bisa Anda dapatkan. Seperti yang sudah disebutkan tadi, musim liburan menjadikan harga tiket cenderung naik.

Oleh sebab itu, jika memungkinkan Anda bisa menghindari saat-saat high season.

Sebaiknya, pilihlah waktu keberangkatan bulan September – November dan Februari – April.

Waktu ini termasuk low season sehingga harga tiket bisa murah. Pilihlah hari keberangkatan Selasa – Kamis, Rabu – Jumat, Sabtu – Selasa, dan Minggu – Rabu.

Hindari waktu liburan Jumat – Minggu, Sabtu – Minggu, Jumat – Senin, dan Sabtu – Senin karena tiket lebih mahal. Anda bisa memilih untuk terbang pada tanggal 20-an ke atas karena maskapai menganggap ini tanggal tua sehingga harga tiket pun ikut turun.

  1. Cerdas dalam memilih maskapai

Baca: Lomba Panjat Pohon Palm di Batam Tak Kalah Seru dengan Panjat Pohon Pinang

Di Indonesia, maskapai cenderung menerapkan sistem low cost carrier atau full service. Jika Anda memilih untuk menggunakan maskapai yang menerapkan low cost carrier, maka pembelian tiket harus dilakukan sejak jauh hari sebelum keberangkatan.

Namun, jika memilih full service, maka pembelian tiket bisa dilakukan kapan saja, mengingat maskapai full service memiliki tarif one year fare yang artinya harga tiket stabil sepanjang tahun.

Bahkan maskapai full service menawarkan harga tiket penerbangan yang lebih murah jika Anda membelinya dekat-dekat hari keberangkatan.

  1. Membandingkan harga di beberapa situs

Baca: Ini Jenis Pelanggaran yang Ditindak Operasi Patuh Jaya 2019

Bila Anda membeli tiket pesawat secara online, maka membandingkan harga sudah wajib dilakukan. Ini karena situs e-commerce menawarkan harga penerbangan yang relatif berbeda setiap saatnya.

Jika diperlukan, Anda bisa melihat penawaran dari online travel agent supaya lebih yakin akan harga tiket pesawat, termasuk yang paling murah.

  1. Memilih metode pembayaran terbaik

Baca: Hujan Lebat Akhirnya Mengguyur Kota Batam, Warga Senang

Pemilihan metode pembayaran saat Anda membeli tiket secara online menentukan harga akhir yang akan dibayarkan. Misalnya saja Anda melakukan pembayaran dengan menggunakan kartu kredit yang bekerja sama dengan suatu maskapai.

Bisa jadi ada diskon atau voucher potongan harga yang diterapkan. Hal ini tentu sangat menguntungkan, mengingat Anda bisa hemat beberapa rupiah untuk sebuah tiket penerbangan.

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER