Usulan Menteri Keuangan Sri Mulyani
Iuran BPJS Kesehatan Terbaru: Kelas I Rp 160 Ribu dan Kelas II Rp110 Ribu

Menkeu Sri Mulyani Indrawati
Menkeu Sri Mulyani Indrawati
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

JAKARTA, SURYAKEPRI.COM – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengusulkan kepada DPR RI agar iuran BPJS Kesehatan untuk kelas I dan II dinaikan masing-masing Rp 160 ribu dan Rp 110 ribu per bulan.

Menkeu mengusulkan angka-angka tersebut saat Rapat Kerja bersama Komisi IX dan Komisi XI di Ruang Rapat Komisi IX DPR, Jakarta,Selasa (27/82019).

Usulan kenaikan tersebut, kata Sri Mulyani, mengingat pemerintah menyediakan universal health coverage pada dasarnya adalah standar kelas III.

IURAN BPJS KESEHATAN TERBARU 

KELAS BESARAN IURAN (Rp)
I 160.000
II 110.000
III 42.000

Sumber: Menkeu Sri Mulyani. Mulai berlaku 1 Januari 2020

“Menurut kami untuk kelas II dan kelas I jumlah iurannya perlu dinaikkan untuk memberikan signal bahwa sebetulnya, yang ingin diberikan oleh pemerintah kepada seluruh universal health coverage adalah standar kelas III,” kata Sri Mulyani.

“Sehingga kalau mau naik kelas, memang ada konsekuensinya,” imbuh dia.

“Kami mengusulkan Rp110 (ribu) untuk kelas II dan Rp160 (ribu) untuk kelas I, dan ini kita akan mulainya 1 Januari 2020,” sebut Sri Mulyani.

Sebelumnya, dari hasil evaluasi Kementerian Keuangan, Rp42.000 untuk kelas III dan PBI (Penerima Bantuan Iuran) itu bisa diadopsi. Untuk yang PBI bisa dimulai kenaikannya bulan Agustus ini.

“Sedangkan untuk masyarakat di luar yang ditanggung pemerintah kita mulainya Januari untuk sosialisasi dan lain-lain,” kata Menkeu. (*)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.