Thursday, March 28, 2024
HomeLainnyaNasionalPDIP Standby, Serahkan Pemilihan Menteri Kepada Jokowi

PDIP Standby, Serahkan Pemilihan Menteri Kepada Jokowi

spot_img

JAKARTA, SURYAKEPRI.COM – PDIP sebagai pengusung utama Presiden terpilih Joko Widodo, enggan campur tangan soal pemilihan menteri.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menghargai hak prerogatif Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memilih para menteri yang akan membantunya memutar roda pemerintahan lima tahun ke depan.

Oleh karena itu, politikus PDIP, Eva Kusuma Sundari mengatakan, pihaknya setuju dengan pernyataan Presiden Joko Widodo yang meminta agar tidak ikut campur dalam menyusun komposisi menteri.

“Karena pak Jokowi itu sudah punya formula, dan sudah dinyatakan secara terbuka,” ujarnya kepada wartawan di Jakarta, Rabu (4/9/2019).

Menurut Eva, dalam praktek ketatanegaraan dan konstitusi memang presiden diberikan hak prerogatif secara individual untuk memilih para pembantunya.

Hak tersebut, kata dia, merupakan kebijakan umum seorang Presiden terpilih yang tidak boleh diganggu.

“Jadi menurut saya, pak Jokowi dibiarkan untuk tenang dalam memilih para pembantunya sesuai dengan kebutuhan dan seterusnya,” katanya.

Menurut Eva, PDIP dalam posisi standby dan on call jika ada kadernya yang dibutuhkan di kabinet Jokowi.

Tidak ada lobi apalagi merecoki kewenangan Presiden. Menurutnya, PDIP diminta berapa nama dan untuk posisi apa pun, akan patuh menyerahkan nama-nama kepada Jokowi.

“Tapi pengambilan keputusan finalnya ya, ada di pak Jokowi. Dan seperti yang diketahui umum bahwa Bu Mega (Ketua Umum PDIP) menjaga jarak ya,” ujar Eva.

“Malah (Bu Mega) ke Korea Selatan, ke Korea Utara, ini nanti pulang lanjut ke Amerika,” imbuh Eva.

“(Bu Mega) sama sekali tidak mengganggu pak Jokowi. Karena beliau menghormati asas dalam hak prerogatif presiden tersebut,” pungkas Eva. (*)

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER