Ekspor Industri Kriya Tembus Rp12 Triliun

Produk kerajinan tangan atau kriya. Nilai ekspor produk kerajinan tangan mencapai Rp12 triliujn sepanjang tahun 2018. (Foto: maxmanroe)
Produk kerajinan tangan atau kriya. Nilai ekspor produk kerajinan tangan mencapai Rp12 triliujn sepanjang tahun 2018. (Foto: maxmanroe)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

JAKARTA, SURYAKEPRI.COM – Industri kerajinan atau kriya Indonesia membukukan ekspor senilai USD 870 juta atau lebih dari Rp12 triliun sepanjang tahun 2018.

Nilai tersebut memberikan gambaran bahwa sektor ini memiliki kontribusi cukup signifikan bagi perekonomian nasional dan penyerapan tenaga kerja.

Kementerian Perindustrian mencatat, negara tujuan utama pengapalan antara lain ke Amerika Serikat, Jepang, Belanda, Inggris, Singapura, dan Jerman.

“Jumlah industri kerajinan di Indonesia saat ini mencapai lebih dari 700 ribu unit usaha dengan menyerap tenaga kerja sebanyak 1,32 juta orang,” kata Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin, Gati Wibawaningsih, saat pembukaan Pameran KriyaNusa 2019 di Jakarta, Selasa (11/9/2019).

Dirjen IKMA optimistis, nilai eskpor produk kerajinan akan semakin meningkat seiring perbaikan aspek kualitas produk hingga desain dan kemasan.

Upaya ini sejalan dengan pemanfaatan teknologi dan pengembangan kompetensi sumber daya manusianya.

“Sektor kriya merupakan salah satu dari kelompok industri kreatif, yang saat ini sudah memiliki jaringan pasar yang luas di tingkat mancanegara,” papar Gati.

Untuk itu, Kemenperin terus aktif mempromosikan produk kerajinan nasional melalui berbagai pameran, baik di dalam maupun luar negeri.

Daya saing
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.