Friday, April 26, 2024
HomeBatamWarga Yogyakarta di Batam Gelar Acara Grebeg Suro Tampilkan 14 Gunungan

Warga Yogyakarta di Batam Gelar Acara Grebeg Suro Tampilkan 14 Gunungan

spot_img

BATAM, SURYAKEPRI.COM – Dalam upaya turut melestarikan budaya nusantara, komunitas warga Yogyakarta atau Ikatan Silaturahmi Keluarga Yogyakarta (ISKY) Batam menggelar acara budaya.

Warga Yogyakarta di Batam bersama dengan warga di Perumahan Taman Lestari, Batuaji, Kota Batam menggelar Grebeg Suro, yang dilaksanakan Minggu (15/09/2019).

Ketua ISKY, Sarbowo menuturkan,a cara Grebeg Suro merupakan tradisi warga Yogyakarta, yang dilaksanakan tiap tahunnya dalam menyambut 1 Maharram atau Tahun Baru Islam.

Baca: Warga Yogyakarta di Batam Gelar Harlah Pentaskan Jathilan

Baca: (Foto-foto) – Kesenian Khas Temanggung, Turonggo Aryo Pati Tampil Memikat Anak Zaman Now Batam

Baca: VIDEO: Tammy Abraham Hat-trick, Chelsea Gulung Wolves 5-2

Acara ini juga rutin digelar Keraton Yogyakarta dan selalu ditunggu-tunggu warga Yogya.

Dalam kegiatan Grebeg Suro di Taman Lestari, Batuaji ini, menurut Sarbowo, awalnya diprakarsai oleh paguyuban warga Yogya dan melibatkan warga Taman Lestari.

Namun kemudian, banyak mendapat dukungan dan partisipasi dari berbagai pihak, baik komunitas maupun lembaga-lembaga lain.

Dalam acara Grebeg Suro itu akan ditampilkan 14 gunungan. Gunungan yang menggambarkan aneka hasil bumi itu diarak mengelilingi perumahan Taman Lestari hingga diperebutkan di lapangan fasum perumahan setempat.

Selanjutnya acara juga akan dimeriahkan dengan penampilan kesenian jathilan Turonggo Putro Mataram, yang merupakan kesenian binaan ISKY.

“Acara kirab gunungan pada Minggu (15/09/2019) sore hari. Acara sampai malam dengan pementasan kesenian jathilan (kuda lumping),” kata Sarbowo kepada Suryakepri.com, Minggu pagi.(pwk)

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER