Wednesday, June 26, 2024
HomeLainnyaBisnisPemerintah Dorong Batam Jadi Silicon Valey Indonesia

Pemerintah Dorong Batam Jadi Silicon Valey Indonesia

spot_img

JAKARTA, SURYAKEPRI.COM – Di era Industri 4.0, Menteri Perindustrian Erlangga Hartarto mengungkapkan, pemerintah ingin mendorong Pulau Batam menjadi semacam Silicon Valey-nya Indonesia.

Erlangga mengatakan, dalam era industri 4.0, ada beberapa kunci untuk mendukung inovasi di bidang industri.

Misalnya hadirnya startup atau perusahaan rintisan yang berbasis penerapan teknologi digital, yang diproyeksi dapat mengakselerasi transformasi digital di industri Tanah Air.

“Contohnya, terkait dengan investasi di bidang database (data center), salah satunya kami akan dorong di Batam, dekat dengan klaster Singapura dan itu sudah mempunyai jaringan internet yang tepat. Inilah yang akan menjadi Silicon Valley-nya Indonesia,” tegas Erlangga di Jakarta, Rabu (25/9/2019).

Upaya lain untuk mendukung inovasi di bidang industri, Kemenperin memanfaatkan kerja sama dengan para akademisi, peneliti, dan lembaga Iptek untuk membangun industri kecil melalui program penumbuhan startup.

Kemenperin juga mendorong transformasi pendidikan nasional yang diarahkan untuk mengantisipasi perkembangan teknologi industri 4.0.

“Pengembangan industri 4.0 khusus pada bidang pendidikan, Kemenperin mendorong beberapa hal, antara lain desain kurikulum yang mengacu industri 4.0, misalnya mengenai bahasa pemrograman atau coding,” ujarnya.

Sedangkan, dari sisi regulator, pemerintah mendorong agar para pejabat publik mengerti kebijakan yang terkait dengan industri 4.0, karena teknologi berkembang dan bergerak sangat cepat dibanding regulasi yang bisa dibuat.(*)

https://suryakepri.com/wali-kota-batam-sudah-terbang-ke-jakarta-soal-pelantikan-ex-officio-begini-komentar-amsakar/

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER