Friday, June 21, 2024
HomeLainnyaNasionalKisah Ustaz Abdul Somad yang Memilih Berdakwah dan Mundur dari PNS

Kisah Ustaz Abdul Somad yang Memilih Berdakwah dan Mundur dari PNS

spot_img

Akhmad mengatakan, surat pengunduran diri Ustaz Abdul Somad disampaikan secara resmi ke Rektorat UIN Suska Riau, yang ditulis tangan di atas materai tertanggal 24 Juli 2019. Sedangkan surat itu baru sampai ke rekorat pada tanggal 8 Oktober 2019.

Adanya surat pengunduran diri dari Ustaz Abdul Somad, Akhmad pun kemudian memanggil beberapa pejabat di rektorat untuk melakukan musyawarah.

“Kita hubungi yang bersangkutan (Ustaz Abdul Somad), tapi tidak menjawab dan WA (WhatsApp) enggak balas,” ujarnya.

Karena tak ada jawaban dari Ustaz Abdul Somad, pada Rabu (16/10/2019) pihak kampus kembali menggelar rapat, dan disepakati untuk mengeluarkan surat panggilan untuk meminta klarifikasi dari Ustaz Abdul Somad.

Dikatakan Akhmad, surat panggilan pertama yang dilayangkan berlaku selama tujuh hari kerja. Pemanggilan melalui surat akan dilakukan sebanyak tiga kali. Ia berharap, pada Rabu (23/10/2019) mendatang, Abdul Somad bisa memenuhi panggilan tersebut.

Pihak kampus akan mengambil keputusan

Setelah Ustaz Abdul Somad mundur sebagai PNS UIN Suska Riau, Akhmad mengatakan, langkah pertama yang ia lakukan yaitu melapor ke Sekretaris Jenderal Kemenag Pusat. “Pak Sekjen (Kemenag) menjawab, ‘mengundurkan diri dari PNS adalah hak semua PNS. Jadi di proses saja’, kata Pak Sekjen. Ya sudah kita lakukan proses,” ujar Akhmad.

Setelah dilakukan tiga kali pemanggilan surat tidak dipenuhi, maka pihak rektorat akan mengambil keputusan sesuai mekanisme yang ada. Sejauh ini, ujar Akhmad, Ustaz Abdul Somad belum memberikan klarifikasi. Secara pribadi, dia beberapa kali menghubungi melalui sambungan telepon, namun belum ada jawaban.

Mengundurkan diri karena kesibukan

Akhmad mengungkapkan, Ustaz Abdul Somad mengundurkan diri hanya satu alasan saja yakni karena kesibukannya, tidak ada yang lain.

“Karena beliau (sebelumnya) mengatakan, sampai tahun 2021 jadwal beliau sangat padat (ceramah), baik dalam maupun luar negeri. Jadi alasannya cuma sibuk, itu saja,” ujarnya.

Selain kesibukan berdakwah di dalam dan luar negeri, Ustaz Abdul Somad saat ini juga sedang kuliah S3 di Sudan. Karena sudah ada izin tugas belajar ke luar, kata Akhmad, maka tidak ada kewajiban Ustaz Abdul Somad mengajar di kampus sejak Agustus 2018 hingga saat ini.

“Saya yang berikan izin beliau kuliah S3. Kenapa, karena kita sangat cinta dengan beliau. Ilmunya diakui banyak pihak. Cuma gelarnya belum mumpuni, gitu aja. Makanya saya dorong untuk (jadi) doktor. Karena dalam keilmuan, doktor itu artinya orang yang berhak mengeluarkan doktrin. Kalau masih magister kan belum, masih ada di atasnya,” ucapnya.

Sesalkan pengunduran diri Ustaz Abdul Somad

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER