Terawan Agus Putranto, ‘Dokter Cuci Otak’ yang Menjabat Menteri Kesehatan

Dokter Terawan Agus Putranto Menteri Kesehatan.(ist)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

JAKARTA, SURYAKEPRI.COM – Dokter Terawan Agus Putranto dipercaya oleh Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Kesehatan di Kabinet Indonesia Maju 2019-2024.

Nama Terawan Agus Putranto sempat santer terdengar beberapa waktu lalu karena kontroversi penyembuhan penyakit stroke dengan terapi cuci otak (brain washing).

Teknik yang dikenal sebagai Digital Substraction Angiography (DSA) ini sempat membuat nama Terawan Agus Putranto melambung. Ia mengaku metoda ini telah digunakan pada ribuan orang sejak 2005 dan berhasil menyembuhkan mereka.

Berdasarkan pengalamannya, pasien bisa sembuh dari stroke selang 4-5 jam pasca-operasi. Metode pengobatan tersebut disebutnya telah diterapkan di Jerman dengan nama paten ‘Terawan Theory’.

Metode ini dipertanyakan sejumlah kalangan karena dinilai tak ilmiah. Keraguan dari beberapa pihak juga muncul karena menganggap metode ini belum melewati uji klinis dan penelitian ilmiah yang memadai.

Untuk menjawab keraguan metoda DSA yang digunakan Terawan, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menggelar sidang etik. Namun, sidang ini tidak dihadiri oleh Terawan, hingga ia akhirnya dipecat dari keanggotaan asosiasi dokter itu.

BACA JUGA: Prabowo Subianto, Menteri Pertahanan Beraset Rp 1,9 Triliun

BACA JUGA: Susunan Lengkap Menteri Kabinet Kerja Indonesia Maju Jokowi

BACA JUGA: Jatah Formasi CPNS Karimun Berkurang, Berikut Cara Daftar Secara Online yang Benar

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.