Topan Kammuri Masih Mengintai Kepri, KSOP Tanjungpinang Minta Operator Kapal Pantau Cuaca Sebelum Melaut

Kepala Seksi Keselamatan Berlayar KSOP Tanjungpinang Imran, Jumat (6/12/2019). (MBA/SURYAKEPRI.COM)

TANJUNGPINANG, SURYAKEPRI.COM – Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjungpinang meminta operator kapal untuk memantau kondisi cuaca sebelum pergi melaut.

Sebab, kondisi cuaca akhir-akhir ini terbilang sangat ekstrem, ditambah lagi gelombang laut semakin tinggi.

“Kita setiap hari juga memantau terus kondisi perubahan cuaca, kita imbau juga kepada operator kapal untu memantau cuaca ini sebelum berangkat,” kata Kepala Seksi Keselamatan Berlayar KSOP Tanjungpinang Imran, Jumat (6/12/2019).

Imran menyebutkan, operator kapal harus memantau kondisi cuaca ini supaya tidak terjadi hal-hal tidak diinginkan saat berlayar. Operator harus mengupdate informasi cuaca terbaru.

“Kalau tidak memungkinkan berlayar kita akan tunda sampai memungkinkan layak berlayar,” ujarnya.

Sebelumnya, kata dia, pihaknya telah melaksanakam uji petik atau pengecekan alat-alat dan kesiapan kapal sebelum berlayar.

“Uji petik ini kita lakukan menyambut kesiapan operator kapal dalam mengahadapi liburan Natal dan Tahun Baru,” tutup Imran.

Topan Kammuri

Adanya Topan Kammuri di sekitar wilayah Filipina menyebabkan, adanya penumpukkan massa udara di wilayah Kepulauan Riau (Kepri) yang menambah peluang pembentukan awan-awan hujan.

BACA JUGA: Tim SAR Terjang Ombak Laut Bintan 1,5 Meter Cari Kru yang Hilang, 4 Kapal Pernah Jadi Korban di Perairan Kepri

BACA JUGA: BREAKING NEWS, Sempat Dihantam Ombak 6 Meter, 6 Kru KM Berkat Jaya yang Tenggelam Ditemukan