Dua Biawak Diamankan Petugas di Bandara Tanjungpinang, Bakal Dikirim Pakai Ekspedisi Kilat

Karantina Pertanian Tanjungpinang berhasil gagalkan penyeludupan satwa liar berupa dua ekor biawak di Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang (istimewa)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

TANJUNGPINANG, SURYAKEPRI.COM – Karantina Pertanian Tanjungpinang berhasil menggagalkan penyelundupan satwa liar berupa dua ekor biawak di Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang.

Dua ekor biawak itu hendak dikirim ke Pekanbaru menggunakan jasa titipan kilat.

“Biawak ini diketahui saat pemeriksaan di mesin X-ray Bandara RHF, terdeteksi adanya hewan, akhirnya kotak dibuka dan dilakukan pemeriksaan, ternyata isinya Biawak,” kata drh. Harnengsih sebagai Medik Veteriner Karantina di Bandara RHF, Rabu (11/12/2019).

Baca: BREAKING NEWS – Bea Cukai Tangkap KM Puteri Setia di Pelabuhan Rakyat Sei Jang Tanjungpinang

Baca: Kemunculan Ikan Aneh Oarfish Menghebohkan dan Dikaitkan Tsunami, Begini Faktanya

Baca: Banjir dan Longsor Landa Kabupaten Limapuluh Kota, Status Tanggap Darurat Selama 7 Hari

Harnengsih mengatakan, modus yang digunakan penyelundup adalah dengan memasukkan Biawak ke dalam toples plastik, kemudian dikemas lagi dengan kardus untuk mengelabuhi petugas.

Diduga  ini adalah salah satu bentuk perdagangan komoditas pertanian secara online yang ilegal.

“Kami telah mencoba menghubungi pemiliknya melalui nomer telpon yang tertera, ternyata tidak berhasil. Biawak ini sekarang ditahan, setelah melalui masa karantina biawak akan kami serahkan ke unstansi yang berwenang,” ujarnya.

Karantina Pertanian Tanjungpinang terus berusaha persuasif untuk mensosialisasikan perkarantinaan di berbagai komunitas satwa dan ekspedisi.

“Karena selain tentang kesehatan, tumbuhan dan satwa liar dilindungi pengawasannya telah melekat dalam tupoksi pejabat Karantina,” kata dia.

“Menjaga kelestarian sumber daya alam adalah tanggung jawab kita semua, ayo lapor karantina untuk setiap lalu lintas komoditas pertanian,” tutup Harnengsih. (MBA) 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.