Friday, April 19, 2024
HomeBatamSiapkan Mantel! BMKG Prakirakan Kepri Hari Ini Masih Turun Hujan Lebat

Siapkan Mantel! BMKG Prakirakan Kepri Hari Ini Masih Turun Hujan Lebat

spot_img

Selain peringatan dini cuaca, BMKG juga mengeluarkan peringatan dini gelombang di perairan Anambas dan Natuna mengalami gelombang tinggi.

Hal itu bukan tanpa alasan, adanya pola sirkulasi kecepatan angin di selat malaka bagian utara yang mengakibatkan tinggi gelombang.

Suratman menjelaskan bahwa saat ini kondisi gelombang di perairan Batam berkisar dari 0,1 meter hingga 6 meter.

Untuk wilayah Batam, 0,4 hingga 1 meter, Bintan 0,5 hingga 2 meter, Karimun 0,4 hingga 1 meter, Lingga 0,5 hingga 1,3  meter dan Natuna 0,7 hingga 6 meter serta Anambas 0,7 hingga 4 meter.

Jadi harap diperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran, untuk perahu nelayan kecepatan angin 15 knot dan tinggi gelombang 1,25 meter, kapal tongkang kecepatan angin 16 knot dan tinggi gelombang 1,5 meter, kapal fery kecepatan angin 121 knot dan tinggi gelombang diatas 2,5 meter serta kapal ukuran besar kapal kargo atau kapal pesiar kecepatan angin 27 knot dan gelombang 4 meter.

Berdasarkan prediksi analisis BMKG, Batam akan diguyur hujan hingga pukul 19.00 WIB.

“Wilayah Batam sedang memasuki angin utara memasuki Timur Laut dengan kecepatan angin hingga 20 knot dan tinggi gelombang 0,5 hingga mencapai 1,25 meter,” terangnya.

Maka untuk itu kita mengingatkan untuk transportasi laut dan aktivitas kelautan dihimbau agar waspada terhadap gelombang tinggi di wilayah perairan Bintan, Lingga, Natuna dan Anambas serta adanya potensi hujan lebat pada siang dan dini hari di wilayah Tanjung Pinang/Bintan dan Tarempa.

Suratman juga menghimbau kepada pengguna jalan raya agar tetap dapat berhati hati saat melintas.(put)

 

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER