Ini Dia Rincian Penggunaan Utang Luar Negeri Indonesia

ilustrasi investasi
ilustrasi investasi
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Bank Indonesia menyatakan bahwa pertumbuhan utang luar negeri pemerintah meningkat sejalan dengan keyakinan investor asing terhadap prospek perekonomian nasional.

Di samping itu, imbal hasil investasi keuangan domestik juga menarik bagi para investor.

Dalam situs resmi Bank Indonesia (BI) yang dikutip Suryakepri.com, Senin (16/12/2019) disebutkan bahwa posisi utang luar negeri (ULN) Pemerintah pada akhir Oktober 2019 tercatat sebesar 199,2 miliar dolar AS atau tumbuh 13,6% (yoy), lebih tinggi dari pertumbuhan bulan sebelumnya.

Pertumbuhan ULN terutama dipengaruhi oleh peningkatan arus masuk neto asing di pasar Surat Berharga Negara (SBN) domestik dan penerbitan global bonds pada Oktober 2019.

Pengelolaan ULN Pemerintah diprioritaskan untuk membiayai pembangunan, dengan porsi terbesar pada beberapa sektor produktif yang mendukung pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

BI menjelaskan bahwa utang luar negeri antara lain digunakan untuk sektor jasa kesehatan dan kegiatan sosial (19,0% dari total ULN Pemerintah), sektor konstruksi (16,5%), sektor jasa pendidikan (16,1%), sektor administrasi Pemerintah, pertahanan, dan jaminan sosial wajib (15,3%), serta sektor jasa keuangan dan asuransi (13,4%).

Utang Swsta Melambat 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.