Jokowi Pastikan Tahun Depan Mulai Bangun Gedung Pemerintah di Ibukota Baru

Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SEPAKU, SURYAKEPRI.COM –  Presiden Joko Widodo mengungkapkan bahwa mulai tahun depan (2020), pemerintah akan membangun gedung pemerintahan di Ibu Kota baru di kawasan Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara.

“Kita harapkan tahun depan sudah mulai pembangunan gedung-gedungnya, terutama akan diselesaikan gedung-gedung pemerintahan lebih dulu,” kata Jokowi di Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (18/12/2019).

Pembangunan itu akan paralel dengan pembangunan fasilitas transportasi umum, listrik dan air. Selain klaster pemerintahan, klaster pendidikan, kesehatan, riset dan inovasi serta bisnis.

Namun, langkah pertama yang akan dilakukan pemerintah adalah membentuk Badan Otorita Ibu Kota yang rencananya sudah terbentuk pada akhir Desember 2019 atau Januari 2020.

Pemerintah juga akan merevisi sejumlah undang-undang terkait Ibu Kota yang akan diatur dalam omnibus law.

“Bulan 6 (Juni 2020) masuk ke DED (detailed engineering design) sudah rampung karena akhir bulan ini gagasan besar untuk desain sudah dan masuk lebih detail selama 6 bulan dan bulan Juni sudah rampung,” kata Jokowi.

Jokowi mengatakan pemerintah akan bekerjasama dengan swasta untuk membangun Ibu Kota baru tersebut. Di samping itu, tidak akan ada pabrik yang dibangun di kawasan itu.

Kunjungan Perdana

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.