Kadis PTSP Kepri Ungkap Aturan Wewenang yang Diterobos Nurdin Basirun

Terdakwa Gubernur Kepulauan Riau nonaktif Nurdin Basirun (kiri) menjalani sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu (19/12/2019). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/foc. (FOTO/ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Saksi lainnya dalam sidang Gubernur Kepri Nonaktif di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Kamis (19/12/2019) yakni Kepala Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kepulauan Riau Syamsuardi.

Syamsuardi menyatakan, Nurdin Basirun selaku Gubernur Kepulauan Riau seharusnya tak berwenang menerbitkan dan menandatangani surat izin pemanfaatan ruang laut.

Hal itu dikonfirmasi oleh Syamsuardi saat jaksa KPK, M Asri Irwan, membacakan keterangannya dalam penyidikan di persidangan Nurdin.

Nurdin Basirun adalah terdakwa kasus dugaan suap terkait izin prinsip pemanfaatan ruang laut di Kepulauan Riau dan penerimaan gratifikasi.

“BAP saksi nomor 11, saksi mengatakan begini, ‘Nurdin Basirun selaku Gubernur Kepri tidak memiliki kewenangan untuk menerbitkan dan menandatangani izin prinsip pemanfaatan ruang laut karena sesuai Pergub Kepri Nomor 31 Tahun 2018 tanggal 2 April 2018 dimana untuk seluruh proses perizinan dilimpahkan kewenangannya kepada PTSP’. Itu betul keterangan saudara?” tanya jaksa Asri.

“Betul sesuai dengan SOP-nya seperti itu, Pak. Kewenangan pelayanan PTSP sesuai pelimpahan kewenangan berdasarkan Pergub Nomor 31 tahun 2018 semua pelayanan perizinan dilaksanakan oleh PTSP,” jawab Syamsuardi.

Dilansir dari kompas.com, Syamsuardi mengatakan, izin pemanfaatan ruang laut merupakan salah satu dari 153 jenis perizinan yang ditangani oleh Dinas PTSP.

Ia baru tahu bahwa ada surat izin pemanfaatan ruang laut yang ditandatangani Nurdin pada saat proses penyidikan di KPK.

“Kami baru tahu ketika penyidik KPK memperlihatkannya dalam pemeriksaan yang izin tahun 2019 itu,” kata dia.

BACA JUGA: Mantan Kabag Protokol Pemprov Kepri Sebut Nurdin Basirun Kerap Menerima Uang dari Pengusaha

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.