Mantan Kabag Protokol Pemprov Kepri Beri Keterangan Mengejutkan Terkait Kasus Nurdin Basirun

Terdakwa Gubernur Kepulauan Riau nonaktif Nurdin Basirun (kiri) menjalani sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu (19/12/2019). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/foc. (FOTO/ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM  – Sidang peradilan Gubernur Kepri nonaktif Nurdin Basirun di Pengadilan Tipikor Jakarta membuka fakta baru.

Fakta baru datang dari saksi yang juga Mantan Kabag Protokol Pemprov Kepulauan Riau Hendri Kurniadi menyebutkan bahwa mantan Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun kerap menerima uang dari pengusaha.

Hal itu diungkap Hendri saat bersaksi sebagai saksi memberatkan untuk Nurdin dalam kasus dugaan suap terkait izin prinsip pemanfaatan ruang laut di Kepri dan penerimaan gratifikasi.

“Saya dengar dari umpamanya Pak Juniarto (ajudan Nurdin) dia mengatakan ada sumbangan dari pihak ketiga, yang saya dengar pengusaha-pengusaha, Pak. Saya tidak tahu dalam rangka apa, Pak, pengusaha-pengusaha memberikan uang,” kata Hendri di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta seperti dilansir dari kompas.com, Kamis (19/12/2019).

Jaksa KPK kemudian membacakan keterangan Hendri dalam penyidikan bahwa Nurdin menyebut sumber kekayaan Nurdin Basirun sebagian besar berasal dari pihak yang mengurus perizinan, seperti izin lokasi wilayah tambang.

“Benar. Itu yang memang saya dengar. Saya dengar dari ajudan, ada juga saya kan protokol jadi ketika ada pertemuan Pak Gubernur sama pengusaha, saya kan secara etika tidak berada di tempat, saya di luar. Tapi saya dengar dari orang-orang,” katanya.

“Yang saya tahu setiap ke (berkunjung) ke pulau-pulau, karena kebiasaan Pak Gubernur sering memberi (ke warga). Di perjalanan kepala dinas kan sering bercerita Pak,” ungkapnya.

BACA JUGA: Sidang Perdana Nurdin Basirun, Gubernur Kepri Didakwa Terima Suap SGD 11 Ribu untuk Izin Reklamasi

BACA JUGA: Nurdin Basirun Didakwa Suap dan Gratifikasi, Abu Bakar Dituntut 2 Tahun Penjara

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.