Mengintip Daftar Penunggak KUR Rp 10 Miliar di Karimun- Ada Koperasi hingga Tokoh Masyarakat

Ilustrasi penyaluran KUR.(ist)

KARIMUN, SURYAKEPRI.COM – Tunggakan Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Kabupaten Karimun mencapai lebih dari Rp 10 miliar. Tunggakan telah berlangsung sekitar 17 tahun, dan dipegang oleh ratusan warga.

Kini Pemkab Karimun meminta bantuan Kejaksaan untuk bisa melakukan upaya penagihan. Tahapan-tahapan sudah tergambar bahwa penagihan akan diutamakan kepada penunggak yang nilainya besar terlebih dahulu.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM dan ESDM Karimun, Muhammad Yosli mengatakan, proses penagihan akan dilakukan dalam beberapa tahap. Tahap pertama, pihaknya akan mengupayakan menagih tunggakan yang nilainya besar.

Baca: Ketika Tunggakan KUR Pusingkan Pemkab Karimun: Tiap Tahun Jadi Temuan Audit BPK

Baca: Kejari Bintan Selamatkan Rp1,2 Miliar Uang Negara, Seperti Apa Catatan Kinerjanya?

Baca: Ternyata APBN 2019 Sebesar Rp1.677 Triliun Dihabiskan untuk Ini…

“Kita dengan jaksa khususnya di bagian perdata ada kerjasama memang. Jadi sebagai jaksa negara, kami minta bantuan mereka. Tahap awal, rencana yang besar-besar dulu,” kata Yosli kepada Suryakepri.com, Jumat sore.

Yosli mengatakan, KUR merupakan pinjaman modal bergulir yang diberikan pemerintah melalui bank-bank yang ditunjuk pemerintah. “Kalau yang nunggak ini melalui bank Riau Kepri,” kata Yosli.

Kredit KUR diprioritaskan bagi membantu tumbuh-kembang usaha rakyat.