Barelang Eclipse Semarak, Warga di Dataran Engku Putri Histeris Saat Matahari “Menghilang”

Warga mengamati menggunakan teleskop di Engku Putri, Batam.(ruvie)

BATAM, SURYAKEPRI.COM – Barelang Eclipse menjadi acara yang cukup spesial di Batam menyambut datangnya fenomena alam, Gerhana Matahari Cincin pada 26 Desember 2019.

Puluhanw arga histeris saat bisa menyaksikan fenomena langka itu. Dengan kacamata khusus dan peralatan yang ada, para pengunjung, termasuk para pejabat meluapkan ekspresi kegembiraannya.

Saat Batam mulai gelap, sekitar pukul 12.20 WIB, ratusan warga yang ada di Dataran Engku Putri, Batam Center, Kamis (26/12/2019), satu per satu mulai berteriak dengan kemunculan bentuk cincin yang mengitari matahari.

Teriakan bersahutan saat matahari mulai habis tertutup bulan.

Dalam fenomena ini Pemerintah Kota (Pemko) Batam menyediakan fasilitas teleskop dan kacamata gerhana yang dilengkapi dengan filter cahaya matahari di Dataran Engku Putri, Kamis (26/12/2019) siang.

Baca: Saat Batam Mulai Gelap, Konsulat Amerika Terpesona Melihat Gerhana Matahari di Dataran Engku Putri

Baca: Detik-detik Kemunculan Matahari Cincin di Kota Batam

Baca: Foto-foto Antusias Ribuan Warga Tanjungpinang Melihat Matahari Cincin di Gedung Gonggong

Selain itu, pihak dari BMKG memberikan live streaming secara langsung untuk dinikmati oleh masyarakat Kota Batam di Dataran Engku Putri, agar masyarakat bisa melihat secara langsung gerhana Matahari Cincin.

“Kita mengucap syukur karena Batam dilalui gerhana matahari, karena fenomena ini langka,” kata Amsakar, Wakil Walikota Batam, Kamis (26/12/2019).