Thursday, June 13, 2024
HomeLainnyaBisnisKolaborasi Mentan dan Mendag Sepakat Implementasi Satu Data

Kolaborasi Mentan dan Mendag Sepakat Implementasi Satu Data

spot_img
Mantan Gubernur Sulawesi Selatan dua periode Syahrul Yasin Limpo datang ke Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (22/10/2019). (foto/kompas.com)

Mentan Syahrul juga menegaskan jika saat ini single data yang diusung Kementan akan menjadi acuan serta pegangan yang digunakan Kemendag atau kelembagaan lainnya dalam membuat kebijakan yang benar.

“Memang betul perbedaan data akan menyesatkan arah kita. data yang amburadul darimana perencanaan tidak bias. Oleh karna itu single data kita perbaiki dan itu menjadi pegangan bersama Menteri Perdagangan,” tuturnya.

Di kesempatan itu, Mendag Agus juga membenarkan bahwa single data digunakan Kemendag untuk menjadi acuan dalam mengambil keputusan perdagangan khususnya sektor strategis seperti pangan.

Kebijkan impor terutama pangan tak boleh meleset dari kepastian hasil produksi di dalam negeri.

“Kalau mengenai data kita memang sudah satu pintu lah, jadi tidak ada perbedaan disini lah kita sangat senang bersinergi dengan Kementerian Pertanian,” katanya.

Agus mengungkapkan jika Kemendag memiliki wewenang dalam penentuan kebijakan perdagangan, dengan dukungan dari kementerian lain khususnya Kementan sangat dibutuhkan sehingga tujuan kedua kelembagaan dapat dijalankan bersama-sama.

“Memang dalam menentukan kebijakan ini kita perlu kerjasama, terutama yang berkaitan dengan pangan apalagi kita mau tingkatkan pangan untuk mengekspor sehingga kita akan lebih selektif,” sambungnya. (*)

Editor: Eddy Mesakh
Sumber: Kemendag

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER