Menkes Nyatakan Indonesia Siaga 1 Virus Corona, Kepri Masih Rawan Penyebaran

Hingga saat ini, China mengonfirmasi 26 orang meninggal akibat virus corona dan yang terinfeksi mencapai 830 orang.

Sementara di Tanjungpinang dan Batam, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Tanjungpinang terus menyiagakan petugas mencegah virus Corona masuk ke Tanjungpinang dan Bintan.

Pengawasan dilakukan di pelabuhan dan bandara yang ada di Pulau Bintan.

“Pengawasan tetap dilaksanakan sampai tidak terjadi wabah. Dan, informasi ini kita mengacu pada informasi dari WHO dan Kemenkes RI,”kata Dr Nolita selaku Kepala Seksi Pengendalian Karantina dan Surveilans dan Epidemiologi KKP Kelas II Tanjungpinang saat dikonfirmasi, Kamis (23/1/2020).

Nolita menuturkan, dalam pengawasan ini KKP menempatkan thermal scanner di empat titik.

Tidak hanya KKP juga telah memeriksa 37.793 orang masuk ke Bintan dan Tanjungpinang dari luar negeri terhitung tanggal 5 Januari 2020 hingga sekarang.

Puluhan ribu terdiri dari anak buah kapal (ABK) dan penumpang kapal.

“Akhir-akhir ini masyarakat diresahkan dengan namanya virus pneumonia yang berasal dari China dan tingkat kunjungan wisatawan dari negara tersebut cukup tinggi ke Provinsi Kepulauan Rumah,” kata Dr Nolita.

Batam Siaga

Sementara Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Batam juga telah mengaktifkan alat Optotherm di pintu kedatangan Pelabuhan Ferry Internasional Batam Center sejak Rabu (22/1/2020) siang.

Hal itu dilakukan untuk upaya pencegahan Coronavirus atau virus corona yang diidentifikasi di Wuhan, Cina.

Tidak hanya di pelabuhan Ferry Internasional Batam Center, pemasangan alat suhu tubuh tersebut juga dipasang di pintu masuk internasional lainnya, seperti Bandara Hang Nadim, Pelabuhan Harbourbay, pelabuhan Internasional Sekupang, serta pelabuhan domestik.

“Dari awal Januari kami sudah meningkatkan upaya pencegahan dengan mempersiapkan alat pelindung tubuh lainnya, seperti masker mulut, masker tangan, dan alat perlindungan tubuh lengkap,” kata Romer Simanungkalit, Kepala Bidang pengendalian karantina dan surveilans dan epidemiologi kantor kesehatan pelabuhan kelas 1 Batam.

830 Kasus di Wuhan

Ketakutan penyebaran virus corona ke Kepri wajar dilakukan dikarenakan saat ini sudah 830 kasus yang sudah terpapar dan sebagian besar berada di Wuhan China.

Baca Juga: Tujuh Anak Kecil di Petok Galang Digauli Tetangga