Universitas Tsinghua Kembangkan Vaksin Corona, Lebih Mudah dari Vaksin HIV

Prof Zhang Linqi (kanan), kepala tim peneliti dan profesor Fakultas Kedokteran Universitas Tsinghua, Tiongkok. (Foto: editage.com)
Prof Zhang Linqi (kanan), kepala tim peneliti dan profesor Fakultas Kedokteran Universitas Tsinghua, Tiongkok. (Foto: editage.com)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

BEIJING, SURYAKEPRI.COM –  Para peneliti dari Universitas Tsinghua, sebuah kampus bergengsi di China, sedang pengembangan vaksin untuk melawan novel coronavirus (n-CoV 2019).

Virus baru ini telah menyebabkan 7.711 kasus pneumonia yang telah terkonfirmasi di China hingga Kamis (30/1/2020).

Zhang Linqi, kepala tim peneliti dan profesor Fakultas Kedokteran Universitas Tsinghua, mengatakan bahwa mengembangkan vaksin melawan virus akan jauh lebih mudah daripada menemukan vaksin HIV.

“HIV sangat bervariasi, tetapi novel coronavirus tidak. Selain itu, sebagian besar orang yang terinfeksi dapat pulih dengan cepat, menunjukkan bahwa tubuh manusia dapat menghasilkan respon kekebalan yang kuat terhadap infeksi virus,” kata Zhang yang juga seorang ilmuwan terkemuka peneliti HIV.

“Karena itu, saya pikir pengembangan vaksin virus akan lebih andal dan efisien,” ujar lulusan PhD dari University of Edinburgh itu.

Universitas Tsinghua sangat berpengalaman selama beberapa tahun terakhir dalam mengembangkan vaksin dan agen melawan virus corona yang diketahui menginfeksi manusia, termasuk virus SARS.

Pada tahun 2019, Zhang memimpin sebuah tim peneliti yang membuat vaksin yang menargetkan virus Middle East Respiratory Syndrome (MERS).

Dia memperkirakan bahwa tim peneliti akan membutuhkan setidaknya 40 hari untuk mengembangkan kandidat vaksin coronavirus baru, dengan bantuan teknologi baru.

Para peneliti juga bekerja sama dengan rumah sakit di seluruh Tiongkok untuk melakukan uji klinis pada pasien yang telah sembuh dari penyakit ini.(*)

Penulis/Editor: Eddy Mesakh | Sumber: Xinhua

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.